Suasana siaran Rumpi di Bawaslu Grobogan. Program ini selalu menghadirkan narasumber yang beekompeten di bidangnya. Foto: Hana Eswe/ist.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Pandemi corona membuat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Grobogan melakukan sosialisasi melalui video virtual. Program yang dibuat yakni Rembug Pemilu atau yang disingkat Rumpi.

Ketua Bawaslu Grobogan, Fitria Nita Witanti menjelaskan, pandemi Covid-19 ini membuat sosialisasi langsung ke masyarakat tertunda karena harus mematuhi anjuran social distancing di tengah pandemi.

“Kita lakukan sosialisasi lewat virtual atau live melalui akun media sosial Bawaslu Grobogan. Setidaknya, dengan menggunakan sosialisasi ini adalah upaya Bawaslu Grobogan untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Kita tidak bisa langsung menyosialisasikannya kepada masyarakat karena pandemi ini. Maka, kita patuh pada anjuran pemerintah untuk taat protokol kesehatan, yakni social distancing,” jelas Fitria, Rabu (3/6/2020).

Beragam sosialisasi telah dilakukan Bawaslu Grobogan melalui siaran live di akun Instagram maupun Facebook. Seperti sosialisasi yang dilaksanakan beberapa pekan terakhir, yakni ‘Korelasi Puasa Ramadan dengan Pilkada yang Berintegritas’ pada program Rumpi edisi kedua.

Dalam sosialisasi ini, masyarakat diharapkan memahami pentingnya kejujuran. Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Grobogan Moh. Syahirul Alim menjelaskan dengan adanya kejujuran ini akan dapat mewujudkan pilkada yang berintegritas.

“Pilkada berintegritas tak lepas dari kejujuran. Untuk itu, sudah sepatutnya dalam Pilkada kita terapkan nilai kejujuran”, kata pria yang akrab disapa Irul.

Begitu juga di edisi ketiga, juga terdapat pemaparan tentang peran SKPP Daring dalam Pilkada di Kabupaten Grobogan.

“Bahkan kita juga melakukan halal bihalal lewat daring. Kita undang Ustadz untuk memberikan siraman rohani kepada para anggota Bawaslu beserta staff melalui video virtual ini. Meski tak bisa bertemu langsung, tetapi halal bihalal virtual kemarin mempunyai makna yang penting bagi kami semua,” tutur Fitria.

Fitria menerangkan, saat ini Bawaslu Grobogan tengah menyiapkan edisi selanjutnya dalam Rumpi nanti. Di edisi Kamis (4/6/2020) esok, program Rumpi berkaitan dengan Perpu 2/2020.

“Program Rumpi selanjutnya yaitu tentang Perpu 2/2020, Strategi Sukses Pilkada Grobogan. Sebagai pembicara nanti ada saya dan juga Ketua KPU Grobogan, Agung Sutopo. Masyarakat Grobogan bisa melihat langsung via Facebook dan Instagram Bawaslu Grobogan,” pungkas perempuan asal Kabupaten Kulonprogo DIY ini.

Hana Eswe-Wahyu