blank
Sejumlah kendaraan yang hendak balik ke Jakarta pasca lebaran diputar balik karena tidak dilengkapi SIKM. Foto: Harviyanto

BREBES (SUARABARU.ID) – Meski Lebaran sudah berlalu, tapi masih ada saja kendaran arus balik yang melintas di wilayah pantura Brebes. Hal itu memaksa jajaran kepolisian yang bertugas di pospam Tol Pejagan memutar balik kendaraan yang hendak mengarah ke Jakarta.

Sedikitnya, penyekatan dari 26 Mei hingga 1 Juni sudah ada 479 kendaraan yang diputar balik di pintu Tol Pejagan. Kepala Pospam Tol Pejagan Iptu Prapto mengatakan, rata-rata kendaraan yang diputar balik kebanyakan hendak ke wilayah yang ada di Provinsi Jawa Barat dan Provinsi DKI Jakarta. “Hingga siang hari tadi sudah ada 479 kendaraan yang kita putat balik,”ungkapnya.

Dalam penyekatan tersebut, petugas melakukan pemeriksaan dokumen perjalanan penumpang dan supir, termasuk kondisi kesehatan mereka. Ini tidak lain untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (covid-19).

“Selama penyekatan, supir dan penumpang yang kita minta putar balik memakluminya. Dan kita selama lakukan penyekatan itu dilakukan dengan cara yang humanis, sehingga mereka menerimanya,” jelasnya.

Dijelaskannya, kendaraan yang diminta untuk putar balik didominasi oleh kendaraan pribadi dan trevel. Petugas memutar balik kendaraan yang tidak mampu menunjukkan surat keterangan izin keluar masuk (SIKM). “Jumlah tersebut bisa saja terus bertambah. Sebab, beberapa hari ke depan kita masih melakukan penyekatan,” pungkasnya.

Harviyanto-trs