Bupati Zaenal Arifin menyerahkan dana hibah kepada KONI Kabupaten Magelang, belum lama ini. Foto: Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Magelang menyambut positif rencana pemerintah menerapkan kebijakan normal baru dalam situasi pandemi covid-19.

Ketua KONI Kabupaten Magelang Karjanto Wigjowidodo mengatakan, dampak dari pandemi corona yang sudah berjalan sejak Maret dirasakan oleh semua elemen masyarakat termasuk masyarakat olahraga.  Semua kegiatan olahraga prestasi terhenti sejak tiga bulan yang lalu. Tidak ada aktifitas latihan dan kejuaraan di semua cabang olahraga di Kabupaten Magelang

“Semua kegiatan olahraga, baik latihan maupun kejuaraan kami tiadakan untuk sementara waktu sesuai anjuran pemerintah sebagai upaya percepatan memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Magelang,” kata Karjanto Wigjowidodo, Senin 1 Juni 2020

Wakil Ketua KONI Drs Suwarsa menambahkan saat ini muncul konsep kebijakan normal baru yang akan diberlakukan pemerintah. Menurut dia  pengurus Koni merespon positif. Dia berharap pemerintah juga memperhatikan aktifitas masyarakat olahraga.

Dia berharap pemerintah dalam hal ini Kemenpora segera mengeluarkan protokol keolahragaan sebagai petunjuk teknis. Agar bisa dipergunakan sebagai acuan dalam merumuskan kegiatan keolahragaan sebagai upaya pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga di Kabupaten Magelang.

Sejak muncul wacana normal baru, pengurus cabang olahraga dan para atlet di Kabupaten Magelang memang sudah banyak yang menanyakan kapan kegiatan olahraga dapat dimulai. Akan tetapi KONI Kabupaten Magelang tentu akan mengikuti kebijakan dan arahan dari pemerintah dalam hal ini Bupati  Magelang.

“Kami telah berkoordinasi dengan Kepala Disparpora Iwan Sutiarso, beliau memberikan arahan agar menunggu protokol keolahragaan dari Kemenpora yang saat ini masih disusun dan dikomunikasikan dengan kementerian terkait,” katanya.

Meskipun di berbagai media dan medsos  yang beredar menyebutkan bahwa aktifitas olahraga dapat dimulai pada masa new normal fase ketiga tanggal 15 Juni 2020, akan tetapi tetap menunggu acuan baku berupa juknis dari pemerintah dan arahan dari KONI Pusat maupun Provinsi. “Itu sebagai dasar kegiatan keolahragaan di Kabupaten Magelang,” kata Suwarso

Kemudian terkait kegiatan olahraga pada fase new normal dia berharap protokol olahraga mengatur kegiatan latihan dan kejuaraan, baik in door maupun out door. Karena cabang olahraga kegiatannya memang ada yang di dalam dan di luar ruangan, baik latihan maupun ketika mengadakan kejuaraan.

Tahun ini sesungguhnya ada dua even besar PON XXI di Papua dan Pekan Olahraga Wilayah Kedu, Pekalongan dan Banyumas (Porwil Dulongmas) di Pekalongan.

Untuk PON XXI sudah ada kepastian ditunda tahun 2021 karena alasan pandemi covid-19. Sedangkan Porwil Dulongmas yang sedianya akan dilaksanakan pada bulan November sampai saat ini belum ada kepastian. Apakah akan dilaksanakan pada fase new normal atau ditunda.

Ketika normal baru juga diberlakukan di Kabupaten Magelang dan protap keolahragaan dari Kemenpora dan Juknis dari KONI Pusat dan Provinsi sudah ada, menurut dia, maka tentu  akan segera  disosialisasikan ke semua cabang olahraga, pelatih dan atlet sebagai pedoman aktifitas kegiatan olahraga prestasi. Baik untuk berlatih, mengadakan, atau mengikuti kejuaraan.

Eko Priyono-trs