Bupati Kebumen yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen Yazid Mahfudz.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen Yazid Mahfudz bertepatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni telah meresmikan Telesehat Desa, bagian dari digital health care (pelayanan kesehatan digital) menyongsong era digital di masa depan.

Peresmian layanan online berbasis web yang diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan itu berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Jalan Mayjen Sutoyo 1, Senin (1/6) hari ini.

Bupati mengungkapkan, Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020 diperingati di tengah perjuangan melawan Pandemi Covid-19, dengan semangat Gotong Royong dan Persatuan. Selama menghadapi pandemi Covid-19 ini, disadari betul bahwa hal utama penanggulangan wabah adalah melalui Gotong Royong, dalam persatuan yang kokoh, terintegrasi dan bersinergi, antara jajaran pemerintah dan semua komponen masyarakat.

Bupati menyatakan, beruntunglah kita memiliki Dasar Negara Pancasila yang hari ini kita peringati kelahirannya, mengingatkan kita bersama bahwa Gotong Royong adalah hakikat, saripatinya Pancasila itu sendiri.

Dia ungkapkan, dalam rangka meningkatkan sinergitas kita dalam semangat Gotong Royong dan untuk menyatukan seluruh komponen bangsa Indonesia melalui infrastruktur Tol Langit ‘Satelit Palapa’ yang telah dicanangkan Bapak Presiden Republik Indonesia. Kementerian Kesehatan memberikan tool, suatu alat, suatu sarana dan sistem, yang disebut Telesehat Desa, bagian dari Digital Health Care  (pelayanan kesehatan digital) menyongsong era digital dimasa depan.

Dia menilai, sarana tersebut mempunyai arti penting, yakni mempersatukan kita pada pemahaman yang sama dalam menerapkan Tatanan Hidup Baru atau sering disebut New Normal. Sarana ini juga mempersatukan dokter desa sebagai pengendali sistem ini dengan masyarakat dan jajaran aparat pemerintah daerah di semua jenjang. Dalam Tele Konsultasi Kesehatan ada layanan untuk menyelesaikan masalah kesehatan dengan cepat dan benar.

Menurut Bupati, secara khusus, melalui sarana ini akan menyatukan dan meningkatkan pemantauan dan pengendalian Covid-19, antara Pemerintah daerah khususnya Dinas Kesehatan dengan masyarakat.

Dalam Telesehat Desa ini terdapat informasi daftar protokol tatanan hidup baru di era pandemi, konsultasi dengan dokter online, informasifasilitas kesehatan terdekat dan akan tersedia informasi perlindungan kelompok rentan, serta pemantauan epidemiologi.

“Saya selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen secararesmi menyatakan bahwa Telesehat Desa secara resmi diluncurkan. Dengan harapan semua pihak dapat berpartisipasi memanfaatkan sarana Telesehat secara optimal. Semoga dengan adanya Telesehat ini dapat memberikan manfaat dalam rangka percepatan penangangan Covid-19,”pungkas Yazid Mahfudz.

Komper Wardopo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here