blank
KETERANGAN PERS - Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi didampingi Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriono, memberikan penjelasan kepada wartawan terkait kunjungannya ke Kota Tegal. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, mengecek kesiapan normal baru di Kota Tegal, Sabtu (30/5/2020).

Kunjungan Pangdam di Tegal, untuk meninjau pelaksanaan dan evaluasi penegakan disiplin protokol kesehatan dalam rangka masyarakat yang produktif dan aman dari pandemi covid-19 di Kota Tegal.

Pangdam Mochamad Effendi tiba di Makodim 0712/Tegal mendapat paparan dari Dandim Tegal, Lektkol (Inf) Richard Arnold Yeheskiel Sangari.

Dari Makodim, Pangdam didampingi Dandim, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriono dan jajaran pejabat Pemerintah Kota Tegal meninjau Pacific Mall, Rita Mall dan Transmart Jalan Kolonel Sugiono Kota Tegal.

Kota Tegal resmi melaksanakan era normal baru selama satu bulan mulai 30 Mei – 30 Juni 2020, setelah berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Diharapkan pelaksanaan era normal baru di Kota Tegal sebagai percontohan bagi kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang telah menjadi wilayah terkendali penyebaran Virus Covid-19.

Mayjend TNI Mochamad Effendi mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 belum selesai. “Artinya, bahwa kita tidak bisa berdiam diri, kita harus bergerak, orang perlu makan dan ekonomi harus gerak, tetapi salah satu konsekwensinya adalah menerapkan protokol kesehatan dengan baik, dengan ketat di antaranya, kalau keluar ruangan harus pakai masker, selalu cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, ada sosial distancing, physical distancing,” katanya.

“Kita memastikan persiapan normal baru di Kota Tegal, prosedur kesehatan sudah disiapkan. Kuncinya satu pengertian dan kesadaran kita semua,” kata Pangdam Muchamad Effendi.

Dijelaskan, protokol kesehatan sudah diterapkan, namun tetap mengingatkan secara bertahap kepada masyarakat. Intinya TNI-Polri dan pemerintah daerah semua membantu mendisplinkan masyarakat dalam rangka mematuhi protokol kesehatan.

“Kodam IV/Diponegoro mempunyai dua wilayah provinsi yakni Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kebetulan yang memberlakukan PSBB yang ada di Provinsi Jawa Tengah adalah Kota Tegal. Dengan berakhirnya PSBB tentunya kita memelihara situasi seperti ini dengan melakukan kegiatan berdisiplin dalam rangka menegakan protokol kesehatan,” tutur Pangdam Mochamad Effendi.

Selain Wali Kota dan pejabat Pemkot Tegal lainnya, kunjungan Pangdam kali ini didampingi Asops Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Inf Denny Fardhany, Aster Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Inf Satyo Ariyanto, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardana.

Kemudian juga Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Richard Arnold Yeheskiel Sangari, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Faizal Amri, Dan Brigif 4/Dewa Ratna Letkol Inf Aliyatin Mahmudi , Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro, Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo, serta Dan Lanal Tegal Letkol Mar Ridwan Azis.

Nino Moebi