blank
Wahana 'Jurang Koco Gunung Mujil', jembatan kaca setinggi 30 meter dibangun di bibir jurang di atas Sungai Progo, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Wali Kota Sigit Widyonindito menegaskan, pihaknya masih merumuskan ‘new normal’.  Yang pasti penerapan protokol kesehatan harus diperketat.

Menurutnya, di beberapa daerah pusat keramaian dan destinasi wisata akan segera dibuka. Meski belum ada rencana,  destinasi wisata di Kota Magelang seperti Taman Kyai Langgeng dan wisata Gunung Tidar kemungkinan juga akan dibuka untuk wisatawan.

‘’Kalau Candi Borobudur dibuka, kita juga ingin TKL dan Gunung Tidar dibuka. Tapi bagaimana kita terapkan protokol kesehatannya. Yakni pengunjung harus cuci tangan, pakai masker, tidak boleh rangkulan dan sebagainya. Yang jelas, walaupun pandemi rakyat

kita jangan sampai tidak makan,’’ tegasnya, kemarin.
Sigit mengapresiasi tim gugus tugas yang bekerja keras dengan komitmen luar biasa dalam penanganan Covid-19 di Kota Magelang. Tapi dia tetap mengingatkan tim agar tidak lengah, meski tren kasus Covid-19 di Kota Magelang cenderung landai dibanding daerah lain di wilayah Karesidenan Kedu.

‘’Komitmen tim luar biasa, terutama saat menjelang Idul Fitri. Yang mencekam di situ, ribuan pemudik dari zona merah ke sini tapi alhamdulillah sebagian besar mematuhi anjuran pemerintah. Tapi jangan bergeming. Kita fokus mengelola wilayah masing-masing sampai RT/RW,’’ tandasnya.

Sekda Jolo Budiyono mengemukakan, warga Kota Magelang harus siap dan bisa menyesuaikan diri dengan era tata kehidupan baru atau new normal di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Hal ini diharapkan akan kembali menggerakkan laju perekonomian yang sempat terpuruk beberapa waktu terakhir.

‘’New Normal terkait tata kehidupan tidak bisa dihindari, tidak bisa ditolak, kita harus bisa menyesuaikan diri. Yakni menciptakan gaya hidup baru yang sadar akan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 demi menunjang produktifitas ekonomi,’’ terangnya.

Terkait itu, pihaknya akan melakukan kajian yang lebih dalam terkait penerapan konsep new normal di Kota Magelang. Gugus tugas akan berkoordinasi dengan Forpimda dan pihak-pihak terkait.

Joko mencontohkan, new normal di bidang pariwisata yakni Taman Kyai Langgeng (TKL) sebagai salah satu destinasi wisata andalan Kota Magelang. Pengelola harus bisa menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung, seperti keharusan pengunjung  memakai masker, jaga jarak dan lainnya.

‘’Persiapkan aturan prokotol kesehatan jika akan dibuka lagi. Selain itu, kita harus terus mengedukasi masyarakat agar terus meningkatkan kepatuhan terkait protokol kesehatan ini,’’ tuturnya. (Pro/Kota Magelang)

 

Editor : Doddy Ardjono