Anggota Polres Blora yang bertugas di Polsek Kunduran, turun ke sawah memberikan sosialisasi cegah kerawanan aksi kejahatan kepada petani Desa Jagong, Kecamatan Kunduran, Blora. (Foto : SB/Hms-Resbla.)

BLORA (SUARABARU.ID) – Saat ini 80 persen tugas Kepolisian dialihkan pada tugas kemanusiaan penanganan Covid-19, Polres Blora, Jawa Tengah, tidak ingin lengah dengan situasi yang ada untuk tetap menjaga Kamtibmas dan antisipasi tindak kejahatan.

“Meski tercurah dalam membantu penanganan Covid-19, antisipasi tindak kejahatan tetap dilaksanakan,” tandas Kapolres Blora, AKBP Ferry Irawan, Minggu (31/5/2020).

Tugas-tugas itu, lanjut AKBP Ferry, salah satunya adalah patroli dan penjagaan, seperti yang dilakukan oleh regu patroli Polsek Kunduran dengan patroli menyisir pemukiman penduduk serta ke lahan pertanian.

Baca Juga: New Normal, Pergulatan Tak Terpapar, Tak Terkapar, Tak Lapar..?

Menurut Kapolres Blora, hasil pantauan anggotanya, terutama Bhabinkamtibmas, ditemukan banyak kendaraan bermotor milik warga yang diparkir di pinggir pinggir jalan dan ditinggalkan tanpan kunci pengamanan tambahan, dan pemiliknya memanen padi di sawah.

“Di situlah ada potensi kerawanan pencurian kendaraan bermotor, maka anggota rajin turun ke sawah untuk ingatkan warga,” tandas Kapolres Blora.

Saat personil Poksek Kunduran, Polres Blora, sambangi warga petani di Desa Jaging yang tengah panen padi dengan memarkir kendaraannya di pinggir jalan tanpa kunci pengaman tambahan. (Foto : SB/Hms-Resbla).

Tugas Kamanusiaan

Terpisah Kapolsek Kunduran Iptu (Pol) Lilik Eko Sukaryono, menambahkan bahwa patroli dengan sasaran persawahan adalah untuk antisipasi curanmor di sawah.

“Lebih baik mencegah kejahatan, anggota patroli kesawah dengan tujuan mencegah curanmor, sekaligus menghimbau warga selalu wasoada dalam parkir kendaraannya,” kata Lilik.

Sutarno (51), warga Desa Muraharjo, Kecamatan Kunduran, Blora,  mengaku senang dan lebih nyaman adanya patroli polisi di sawah.

“Matur nuwun, terima kasih, kami merasa lebih nyaman ada polisi sering hadir nyambangi warga di sawah,”  kata Sutarno.

Suprat (44), warga Desa Klokah, Kecamatan Kunduran, juga mengaku merasa lebih nyaman dengan patroli polisi langsung je sawah.

Kapolsek  Kunduran melanjutkan, pihaknya selalu mendorong anggotanya agar aktif dalam kegiatan masyarakat, selain menjalankan tugas kepolisian menjaga Kamtibmas, juga tugas sosial mengajak masyarakat menaati prosedur kesehatan terkait virus corona.

“Tidak hanya tugas kepolisian, anggota kami juga menjalankan misi kemanusiaan, yakni antisipasi oenularan Covid-19,” tutup Kapolsek Kunduran, Polres Blora.

Wahono-mm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here