blank
Aksi simpatik seorang anggota Koramil Kalinyamatan memasanngkan masker seorang pedagang ayam ( Foto. Dok Afif)

JEPARA(SUARABARU.ID) – Gugus Tugas Percepatan Penganan Covid 19, Sabtu ini mengadakan Rapid Test di 11 pasar tradisional di Jepara dengan melakukan pemeriksaan gratis terhadap 550 orang. Salah satunya adalah di pasar Kalinyamatan. Dari 50 orang yang diperiksa, ditemukan  6 orang reaktif Covid-19

Pemeriksaan rapid test ini dilakukan oleh petugas Puskesmas Kalinyamatan yang dipimpin oleh Kepala Puskesmas dr Lupy, dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai protokol kesehatan.

Camat Kalinyamatan, Suherman mengatakan, semakin meningkatkan pasien positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Jepara menjadi dasar Satgas Covid-19 Kecamatan Kalinyamatan melaksanakan pemeriksanaan Rapid test. Terlebih sejak ada salah satu pedagang ikan yang dinyatakan positif.

Setelah diadakan pemeriksanaan Rapid test kepada 50 orang pedagang dan pengunjung, didapatkan hasil 6 orang dinyatakan positif reaktif Covid-19. Rencananya mereka akan dilakukan Swab test di RSUD Kartini Jepara.

Menurut keterangan Serda Munikan, anggota Koramil 04/Pecangaan yang ikut dalam pemeriksaan,  6 orang tersebut terdiri dari 5 pedagang dan 1 pengunjung. Mereka diperintahkan untuk pulang ke rumah, tidak melakukan kontak dengan orang lain, dan nantinya akan ditindaklanjuti oleh petugas medis dan tim Satgas Covid-19.

“Ya memang mereka Rapid tes dinyatakan positif reaktif Covid-19, tetapi belum tentu mereka positif Covid. Jadi saya himbau kepada semua pihak tidak menyimpulkan sendiri-sendiri. Lebih baik menunggu hasil Swab test dan keterangan dari pihak kesehatan nanti,” ujarnya.

Hadepe /Afif

blank

blank

blank