blank
JAGA SPBU: Anggota Polsek Jepon, Polres Blora, patroli keliling di salah satu SPBU jelang Subuh tadi. Foto: SB/Hms-Resbls

BLORA (SUARABARU.ID)– Untuk mengantisipasi tindak kejahatan usai Lebaran dan pandemi virus corona, Polsek Jepon dan Polsek lain di jajaran Polres Blora, intensifkan patroli bersenjata di jam-jam rawan.

Patroli menyasar berbagai objek vital seperti SPBU, aset negara, kawasan perkantoran, perbankan, unit ATM, pemukiman penduduk dan tempat-tempat ibadah.

Patroli cegah aksi kriminalitas itu, antara lain seperti dilakukan satu regu Patroli Polsek Jepon, yang dipimpin Kepala SPKT Aipda (Pol) Sunoko, pada Rabu (27/5/2020) dini hari WIB, hingga waktu Subuh pagi tadi.

BACA JUGA : Baru Dibenahi, Jalan Lingkar Selatan Kridosono Blora Sudah Rusak

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan melalui Kapolsek Jepon Iptu (Pol) Supriyono menjelaskan, meskipun tugas Kepolisian 80 persen dialihkan untuk tugas penanganan covid-19, jajarannya tidak boleh lengah atas situasi kondusif seperti saat ini.

Menurutnya, tugas utama kepolisian seperti patroli dan penjagaan, terus berjalan pada siang, malam hingga pagi hari, di berbagai objek yang ada di wilayahnya.

”Selain tugas kemanusiaan penanganan covid-19, tugas patroli dan penjagaan tetap kami gelar, bahkan kami tingkatkan usai Lebaran ini,” jelas Kapolsek Jepon itu.

Ditambahkan Iptu Supriyono, jangan sampai situasi pandemi virus corona seperti ini justru dimanfaatkan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, dengan melakukan tindakan kriminal.

blank
PERBANKAN: Patroli untuk mencegah kejahatan usai Lebaran juga dilakukan di fasilitas perbankan setempat. Foto: SB/Hms-Resbla

Beri Edukasi
Kapolsek Jepon menambahkan, untuk patroli malam hari dilakukan dua-tiga kali. Patroli pertama digelar dari pukul 20.30 hingga 23.00 WIB, dengan tujuan untuk pengamanan wilayah, dan memberikan edukasi kepada warga terkait covid-19.

”Pada patroli edukasi, kami mengajak warga untuk disiplin menaati protokol kesehatan. Jika di lapangan ditemukan masih ada warga yang bandel melanggar ketentuan kesehatan, tentunya akan kita tindak,” imbuh Supriyono.

Patroli kedua dilakukan pada dini hari, dengan tujuan mencegah gangguan Kamtibmas. Pada jam rawan itu, masyarakat sudah tidur untuk beristirahat, setelah seharian melakukan banyak aktivitas.

”Tugas kami memang bertambah. Selain menjaga situasi Kamtibmas, juga berjuang membantu pencegahan covid-19,” tambah Kapolsek Jepon.

Dalam situasi seperti ini, pihaknya terus memotivasi para anggotanya, agar tetap semangat. ”Harapan dari kerja keras ini, semoga muncul peran serta dan kesadaran masyarakat, agar pesebaran covid-19 tidak semakin meluas dan bisa segera sirna,” pungkas Iptu Supriyono.

Wahono-Riyan