blank
BERI MASKER: Salah seorang warga menerima masker dari perwakilan sekelompok remaja yang tergabung dalam Komunitas Jembatan Kuning Paingan 4/2 (JKP 4/2). Foto: dok/ist

DEMAK (SUARABARU.ID)– Berbagai cara dilakukan sebagian umat Islam, sambil menunggu saatnya berbuka puasa (ngabuburit). Salah satunya dengan aksi bagi- bagi masker, seperti yang dilakukan sekelompok remaja di Demak yang tergabung dalam Komunitas Jembatan Kuning Paingan 4/2 (JKP 4/2), belum lama ini.

Anggota JKP 4/2 yang mayoritas warga Desa Karangsari RT 04 RW 02 Kecamatan Karangtengah, Demak itu, mendukung program Jogo Tonggo, di masa pandemi covid- 19.

Mereka membagi ratusan masker kepada warga di sekitar tempat tinggal, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Diketahui, virus corona yang menjadi wabah Nasional, juga menyerang Kabupaten Demak.

BACA JUGA : Modin Desa Ikuti Pelatihan Pemulasaran Jenazah Terkait Covid-19

Banyaknya kasus covid-19 di Kota Wali ini, mengharuskan masyarakat untuk selalu waspada, menjaga kesehatan dan kebersihan agar terhindar dari penularan virus.

Ulfi Nur Alifah, Sekretaris JKP 4/2 yang mewakili Andreanto Miftahun Najib selaku ketua komunitas mengatakan, aksi bagi-bagi masker ini merupakan bentuk nyata gerakan Jogo Tonggo, yang dicanangkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Menurut dia, sebagai warga harus senantiasa saling menjaga, memperhatikan dan mengingatkan kesehatan antartetangga di masa pandemi covid-19. Salah satunya dengan mengenakan masker saat keluar rumah.

”Masker yang kami bagikan ini gratis, merupakan donasi atau bantuan dari pihak-pihak yang mendukung aktivitas komunitas kami. Dan Alhamdulillah warga menerimanya dengan senang hati,” ungkap Ulfi.

Selain aksi bagi-bagi masker, kegiatan JKP 4/2 sebelumnya juga melakukan aksi sosial, seperti penanaman pohon, pengecatan jembatan dan bersih-bersih lingkungan.

Rudy-Riyan