JAWAB PERTANYAAN - Wakil Walikota Tegal Jumadi tengah menjawab pertanyaan reporter salah satu stasiun TV swasta, terkait penerapan PSBB. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi siang tadi melangsungkan wawancara via daring dengan salah satu stasiun TV swasta terkait penanganan covid-19 di Kota Tegal, Rabu (13/5/2020).

Seperti diketahui, Kota Tegal merupakan wilayah di Jawa Tengah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan dengan penerapan PSBB tersebut menjadikan Kota Tegal saat ini satu-satunya daerah di Jawa Tengah nol kasus covid-19.

Jumadi menjelaskan bahwa keberhasilan tersebut semata-mata karena kerjasama antara Pemerintah Kota Tegal dengan masyarakatnya.

‘’Masyarakat Kota Tegal tahu dan paham sekarang kita zona hijau, namun kita harus tetap hati-hati jangan sampai wabah ini kembali lagi. Tetap pakai masker bila keluar rumah, jaga jarak, selalu cuci tangan, kita tidak boleh lengah. Makanya kami berharap agar warga sadar betul memperhatikan protokol kesehatan,’’ ujar Jumadi.

Jumadi juga menambahkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat Kota Tegal juga tinggi, terbukti dengan adanya gugus tugas di tingkat Rukun Warga (RW) yang juga membantu pemerintah dalam pencegahan covid-19.

‘’Masyarakat kita aktif mengedukasi di wilayah masing-masing, seperti di RW 8 Kelurahan Mintaragen Kecamatan Tegal Timur, di sana masyarakat mengedukasi masyarakat yang lain, mengimbau sanak saudara agar tidak mudik, dan memberikan bantuan secara mandiri kepada tetangganya yang tidak mampu. ”Ini bukti bahwa tingkat kesadaran masyarkat Kota Tegal tinggi,’’ terang Jumadi.

Jumadi berpesan kepada masyarakat untuk bersama menjaga kesehatan masyarakat dan berterimakasih atas kerjasama selama ini sehingga Kota Tegal saat ini menjadi zona hijau.

‘’Pemerintah Kota Tegal mengucapkan terimasih atas kerjasama masyarakat, namun tetap pakai masker bila keluar rumah, selalu jaga jarak, kalau tidak terlalu penting tetap di rumah, dan jangan lupa berdoa semoga wabah ini cepat berakhir. Ini capaian yang luar biasa bagi Pemkot dan masyarakat tentu semua karena keadaran masyarakat yang tinggi,’’ pungkas Jumadi.

Nino Moebi