Tangkapan layar salah satu post Valentino Rossi di akun Instagram. Antara

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Para pebalap MotoGP seperti Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso bisa kembali menunggangi motor mereka di trek ketika Pemerintah Italia melonggarkan aturan pembatasan di saat pandemi COVID-19.

Italia menjadi salah satu negara paling terdampak krisis kesehatan global yang disebabkan oleh virus corona itu yang mana hampir 220.000 orang terinfeksi di negara pizza itu dan 30.000 di antaranya meninggal dunia.

Setelah dua bulan karantina, Rossi kini telah membuka motoranchnya di Tavullia, di mana ia bisa membalap di sirkuit tanah itu bersama Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) dan Luca Marini (SKY Racing Team VR46).

“Kembali ke Ranch setelah beberapa bulan sama asiknya dengan yang pertama kali,” kata Rossi di akun Instagramnya, Senin.

Sedangkan duet pebalap Ducati Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci kembali membalap bersama lagi, setelah terakhir kali mereka berdua menjalani tes Qatar, kali ini di trek motocross di Crossdromo Monte Coralli yang berada tak jauh dari kota Feanza, Italia.

Test rider Aprilia Lorenzo Savadori dan bintang Moto2 Lorenzo Baldassari (Flexbox HP40) serta Enea Bastianini (Italtrans Racing Team) turut bergabung dengan kedua pebalap Ducati itu, demikian laman resmi MotoGP.

Sementara itu di Spanyol, para atlet telah diizinkan keluar rumah untuk berlatih beberapa hari lebih awal.

Marc Marquez dan Alex Marquez pun telah memanfaatkan kelonggaran kebijakan itu untuk bersepeda berkeliling Catalonia.

Ant/Muha