blank
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (ketiga dari kanan), memimpin Baksos bagi-bagi ratusan nasi bungkus menu makan sahur.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Gara-gara kelupaan menyertakan krupuknya, Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing dikomplain saat memimpin Bakti Sosial (Baksos) bagi-bagi menu makan sahur. ”Saya krupuknya belum dapat Bapak,” ujar Sriyati lugas.

Sriyati, adalah bakul sayur kelilingan menggunakan sarana sepeda motor yang pada bagian belakangnya diberi bronjong. Pukul 03.00, selagi udara dingin terasa masih menggigit tulang, Sriyati, telah datang ke Pasar Wonogiri Kota, untuk kulakan (beli) dagangan sayur.

Minggu dinihari (10/5), dia menyatakan kaget karena di depan pasar banyak dijumpai polisi dan tentara. ”Apalagi tiba-tiba saya distop. Eiiiit, ada apa ini,” ujarnya lirih. Betapa senangnya dia, selagi berhenti langsung disodori pembagian nasi bungkus untuk makan sahur.

Ketika melirik temannya juga diberi krupuk sebagai kelengkapan lauknya, serta merta Sriyati mengajukan komplain: ”Bapak saya krupuknya belum.”

Mendengar komplain soal krupuk, Kapolres buru-buru memberikan krupuk yang telah dikemas dalam plastik transparan. ”Matur nuwun Bapak,” ujar Sriyati merasa lega karena lengkap sudah bingkisan makan sahur yang dia terima, sama dengan rekan-rekan penerima lainnya.

blank
Para personel TNI dari jajaran Kodim 0728 Wonogiri, turun ke jalan untuk bertugas membagi-bagikan nasi bungkus menu makan sahur. Kegiatan sahur on the road ini, digelar Minggu dinihari (10/5) di kawasan Kota Wonogiri.

Cuma-cuma
Paur Subag Humas Polres Wonogiri Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, melalui dapur umum jajaran TNI-Polri Wonogiri, Minggu dinihari (10/5), dibagikan ratusan nasi bungkus untuk menu makan sahur secara cuma-cuma. Pembagiannya, dilakukan oleh para personel Polres dipimpin Kapolres AKBP Christian Tobing, bersama jajaran TNI Kodim 0728 Wonogiri pimpinan Dandim Letkol (Inf) Imron Masyhadi.

Sasaran penerimanya adalah warga yang pada dinihari telah melakukan aktivitas. Yakni para bakul sayur keliling yang kulakan dagangan ke pasar, para penyapu jalan petugas kebersihan kota, kuli panggul, buruh gendong, penjaga malam, pengendara Ojol, kaum duafa dan warga yang terdampak wabah virus corona.

Baksos peduli membagi-bagikan ratusan bungkus nasi menu makan sahur ini, dikemas dalam kegiatan sahur on the road bersama dapur umum TNI-Polri Wonogiri. Para personel Polres dan Kodim, sejak tengah malam telah melakukan kegiatan memasak di tenda dapur umum yang berlokasi di halaman Makodim 0728 Wonogiri.

blank
Ratusan nasi bungkus menu makan sahur, dibagi-bagikan secara gratis kepada warga masyarakat. Ini dilakukan oleh jajaran Polres dan Kodim 0728 Wonogiri, yang menggelar baksos sahur on the road.

Mencari Nafkah
Sehingga pada pukul 03.00 dinihari, nasi bungkus menu makan sahur telah siap untuk dibagi-bagikan kepada warga yang membutuhkan. Utamanya warga yang berkegiatan di waktu dinihari, dan belum sempat melakukan makan sahur di rumah, karena keburu melakukan aktivitas kerja mencari nafkah di luar rumah.

Kepada para penerima bingkisan menu makan sahur, diberikan pula imbauan untuk mentaati protokol kesehatan pencegahan wabah virus corona. Yakni disiplin mengenakan masker saat berada di luar rumah, rajin cuci tangan memakai sabun, senantiasa jaga jarak sebagaimana dianjurkan dalam physical distancing, membudayakan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS).

blank
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (kiri) memimpin Baksos bagi-bagi ratusan nasi bungkus menu makan sahur. Ini dilakukan bersama jajaran Kodim 0728 Wonogiri.

”Siap Bapak, ini saya sudah mengenakan masker,” ujar Krisna dan Ny Lista seraya menerima nasi bungkus menu makan sahur. Keduanya menyampaikan terima kasih atas kepedulian jajaran TNI-Polri Wonogiri yang telah rela membagi-bagikan menu makan sahur secara gratis. ”Bagi kami ini sangat bermanfaat, karena ekonomi sekarang ini baru sulit,” tutur Ny Lista.

Bambang Pur-trs

blank