blank
Bupati Kebumen Yazid Mahfudz berdialog dengan wanita penerima bantuan sosial tunai, Jumat 9/5.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz untuk kedua kalinya memantau langsung penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST). Kali ini warga terdampak Covid-19 di Kecamatan Karanganyar dan Gombong mulai menerima BST sebesar Rp 600.000 selama tiga bulan.

Pemantauan pada Sabtu (9/5) dilakukan di Kantor Pos Karanganyar dan Kantor Pos Gombong. Dalam acara tersebut Bupati didampingi Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Eko Widianto, Kepala Kantor Pos Kebumen Wendi Nugroho dan Kabag Humas Setda Kebumen Eko Purwanto.

Menurut Bupati, kehadirannya memantau langsung penyaluran BST di Kantor Pos Kebumen pada Jumat dan di Kantor Pos Karanganyar serta Gombong pada Sabtu ini untuk memastikan agar bantuan dari Pemerintah Pusat itu tepat sasaran.”Saya ingin memastikan bantuan tepat sasaran dan tidak ada pemotongan apa pun,”ujarnya.

Bupati yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen itu menegaskan, Bantuan Sosial Tunai merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial. Bantuan ini diberikan kepada penerima terdampak wabah Covid-19. Program tersebut harus didukung bersama. Bahkan setelah ini nanti masih akan ada bantuan dari Provinsi, dari desa dan dari Kabupaten.

blank
Bupati Kebumen Yazid Mahfudz menyerahkan bantuan sosial tunai Rp 600.000 kepada wanita yang terdampak Covid-19 di wilayahnya.(Foto:SB/Ist)

Ia menyatakan, bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi penerima manfaat yang terimbas wabah Covid-19. Apalagi, saat ini menjelang Hari Raya Idul Fitri.”Jangan langsung dihabiskan. Berhemat-hematlah dalam menerima bantuan ini dan jangan untuk foya-foya,”pintanya.

Kantor Pos Kebumen mulai menyalurkan BST sejak Jumat, 8 Mei 2020. Bantuan kepada warga akibat terdampak wabah Covid-19 diberikan kepada 27.191 Kepala Keluarga di Kabupaten Kebumen. Dari jumlah itu Kantor Pos di Kebumen menyalurkan 21.736 penerima. Sisanya disalurkan melalui Bank Himbara yang tersebar di 4 bank, yaitu Bank Mandiri, BTN, BRI dan BNI. Setiap penerima bantuan menerima Rp 600 ribu setiap bulan selama tiga bulan.

Di Kantor Pos Gombong, penerima bantuan sebanyak 1.750 KK yang tersebar di 14 desa/kelurahaan. Sedangkan Kantor Pos Karanganyar menyalurkan bantuan kepada 1.417 penerima di 11 desa/kelurahan. Penyaluran BST dijadwalkan selama empat hari mulai Sabtu hingga Selasa (12/5).

Komper Wardopo