blank
TEMUI WARGA - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH berbincang dengan warga yang baru saja mendapatkan bantuan sosial tunai (BST)

BREBES (SUARABARU.ID) – Sebanyak 58.054 Kepala Keluarga di Kabupaten Brebes yang terdampak pandemi covid-19 mendapat bantuan sosial tunai (BST) Rp 600 ribu. Setiap keluarga mendapat bantuan hingga tiga bulan ke depan. Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH memantau langsung pencarian dana tersebut di Kantor Pos Brebes, Jumat (8/5).

“Saya lihat, penerima tampak gembira, penyaluran juga lancar, tertib dan sesuai protokol kesehatan,” ujar Bupati Brebes yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Brebes, Hj Idza Priyanti SE MH.

Dalam sambutannya Idza menjelaskan, para penerima bantuan merupakan warga terdampak covid-19. Mereka akan menerima bantuan tunai selama tiga bulan ke depan, yaitu bulan April, Mei dan Juni.

“Pencairan hari ini adalah untuk bulan April kemarin. Dan bantuan bulan Mei diberikan nanti pada akhir Mei, dan untuk Juni diberikan bulan Juni,” ucapnya.

Idza menambahkan, penerima bantuan ini merupakan keluarga yang masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial. Dan bantuan sosial ini juga bisa dicairkan di kantor-kantor pos dan bank yang ditunjuk.

“Kalau ada yang tidak mendapat bantuan dari Kemensos, akan dapat dari desa. Jumlahnya sama,” ujarnya.

Selain dari Kemensos RI, warga terdampak pandemi Covid-19 juga akan mendapat bantuan tunai dari desa masing-masing. Penerima bantuan dari desa ini khusus bagi warga yang tidak mendapat bantuan dari Kemensos RI.

Kepala Kantor Pos Brebes Omay Gunawan menambahkan, tidak semua pembayaran bansos bagi warga terdampak pandemi dilakukan di kantor pos. Dari 58.054 KK penerima bantuan ini, yang bantuannya dicairkan melalui kantor pos sebanyak 50.943 KK dan sisanya 7.111 KK dicairkan melalui kantor bank yang ditunjuk.

Nur Muktiadi