blank
KETERANGAN - Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono tengah memberikan keterangan terkait pelaksanaan PSBB di Kota Tegal. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU. ID) – Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, menyatakan bahwa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di Kota Tegal efektif menekan penyebaran covid-19.

Dibuktikan dengan setelah satu minggu lebih PSBB berjalan, tinggal satu pasien warga Kota Tegal yang terkonfirmasi positif sesuai update laporan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 per Senin (4/5/2020).

Pasien tersebut berjenis kelamin laki-laki umur 56 tahun sedang dirawat di salah satu rumah sakit rujukan covid-19 di Kota Tegal. Sementara seorang terkonfirmasi lainnya yakni perempuan umur 73 tahun merupakan warga Kabupaten Tegal.

Sedangkan positif sembuh sebanyak satu orang laki-laki umur 34 tahun warga Slerok dan yang positif -meninggal sebanyak 1 orang laki-laki umur 77 tahun warga Mintaragen.

Hal tersebut diungkapkan Dedy Yon saat pemberian bantuan paket sembako, masker dan Alat Pelindung Diri (APD) secara simbolik di Ryang PSB SMAN 1 Tegal dari Ikatan Keluarga Besar Tegal (IKBT-BA) dan Ikatan Alumni SMA Satu Tegal (IKASMA) kepada PKL, penyapu jalan, pedagang di PAI dan lain-lainnya, Senin (4/5/2020).

Hadir Sekda Kota Tegal Johardi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dr Hendadi Setiadji, MKes, Ketua IKASMA Dr. Tafakurrozak,

Dikatakan Dedy Yon, dengan adanya PSBB di Kota Tegal ada penurunan jumlah pasien terkonfirmasi positif yang dirawat. “Alhamdulillah ini kita sebentar lagi tinggal satu yang dirawat sehingga nanti akan zero covid 19,” ungkap Dedy Yon.

“Ini efektif sekali karena bagaimana pun ruang publik di Kota Tegal ada beberapa yag dimatikan dan jalan satu pintu nyatanya efektif untuk pebatasan ruang gerak masyarakat. Karena kalau tidak dibatasi seprti ini saya yakin Kota Tegal sebagai central city susah untuk kendalikan masyarakat,” kata Wali Kota.

Untuk memaksimalkan upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19, Kota Tegal berencana mengajukan perpanjangan kembali PSBB.

“Tanggal 5 Mei tahap pertama untuk 14 hari, kita mengajukan lagi. Saya berharap ada dua tahap, kita rencanakan tanggal 23 April hingga 23 Mei, kita nanti perpanjang penambahan PSBB yang berakhir pada 22 Mei pukul 00.00,” kata Dedy Yon.

Wali Kota berharap para alumni sekolah di Kota Tegal untuk respon membantu masyarakat di Kota Tegal. “Mudah-mudahan sekolah lain juga memberikan seperti yang dicontohkan SMA 1 Tegal. Mudah-mudahan para alumni kebaikannya dibalas oleh Allah SWT,” tutur Walli Kota.

Nino Moebi