blank
Mantan perwira Angkatan Darat Inggris Kapten Tom Moore (kiri) menerima medali Honorary Colonel dari Army Foundation College di Harrogate, ditemani Letnan Kolonel Thomas Miller (kanan), di hari ulang tahunnya ke-100 di Bedford, Inggris (29/4/2020). Antara

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Sejumlah tim dan pebalap Formula 1 mengirim kartu ucapan selamat ulang tahun ke-100 untuk Kapten Tom Moore, veteran Perang Dunia II yang mampu mengumpulkan 29 juta pounds (sekira 550 miliar rupiah) untuk penanganan virus corona.

Moore, yang juga merupakan fan dari tim Mclaren, mengitari taman rumahnya sebanyak 100 kali untuk mengggalang dana untuk membantu pusat kesehatan nasional Inggris NHS memerangi pandemi virus corona. Padahal target awalnya hanya 1.000 pounds.

“Tak banyak orang memiliki kesempatan menjadi pahlawan dua kali di kehidupannya dan Anda telah melakukannya,” kata managing director Formula 1 Ross Brawn seperti dikutip Reuters, Kamis.

“Selamat hari ulang tahun ke-100. Anda akan selalu ada di benak kami. Kami sangat bersyukur atas segala sesuatu yang telah Anda lakukan. Selamat,” kata mantan bos tim Mercedes dan Honda itu lewat pesan video.

Brawn merupakan aktor di balik tim yang ia miliki, Brawn GP, yang meraih gelar ganda di tahun 2009, setelah sebelumnya sukses bersama Ferrari.

Pebalap tim Williams George Russell turut menyampaikan pesan kepada pensiunan tentara itu.

“Apa yang Anda capai ini sangat luar biasa dan saya harap kami bisa segera membalap, jadi Anda bisa menontonnya, melihat aksi dan menikmati balapan kami,” kata Russell.

Bos tim McLaren Zak Brown juga tak ketinggalan memuji Kapten Tom.

“Atas nama semua orang di McLaren, Anda adalah seorang bintang. Teruslah berkarya dan kami nantikan ulang tahun Anda selanjutnya,” kata Brown.

Bintang muda McLaren Lando Norris pada awal bulan ini mengundang Moore untuk mengunjungi markas besar McLaren di Woking setelah karantina wilayah dilonggarkan.

“Tak ada yang lebih menyenangkan saya dari itu,” kata sang veteran menyambut undangan Norris.

Juara dunia enam kali asal Inggris Lewis Hamilton sebelumnya juga kaget dengan apa yang diraih Moore lewat upaya penggalangan dananya itu ketika uang yang terkumpul masih separuh dari yang sekarang.

“Selamat Kapten Tom, kami semua bisa belajar dari Anda,” kata Hamilton lewat Instagram.

Ant/Muha