blank

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Jajaran TNI-Polri Wonogiri, menggelar patroli berskala besar secara gabungan. Ini dilakukan menjelang tengah malam Senin (27/4). Melibatkan sebanyak 120 personel Polres dan Kodim 0728 Wonogiri.

Dalam melakukan patroli, mereka menggunakan sepeda motor dan mobil dinas, termasuk truk pengangkut pasukan. Kegiatan ini dipimpin Kasat Sabhara Polres Wonogiri, AKP Sugihantoro, dengan menyeratakan para personil Polres Wonogiri, terdiri dari jajaran Satlantas, Sabhara, beserta para personil dari TNI Kodim 0728 wonogiri.

Patroli gabungan berskala besar di tengah merebaknya pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 ini, menyasar ke berbagai ruas jalan di wilayah Kota Wonogiri dna sekitarnya. Start dari Mapolres Wonogiri menuju Makodim 0728, terus menyusuri ruas jalan protokol Kota Wonogiri, menuju ke perbatasan Wonogiri-Sukoharjo.

blank
Personel Polsek Wuryantoro bersama anggota Koramil setempat, menggelar patroli malam sambang desa, dengan menyinggahi pos-pos Kamling di sejumlah dusun.

Menyampaikan Imbauan
Kemudian diteruskan ke Alun-alun Giri Krida Bakti depan Kantor Bupati Wonogiri, menuju Pasar Ngadirojo, menyusuri jalanan menuju wilayah pemukiman Pokoh Kidul, perumahan Proyek Bengawan Solo (PBS) dan finish di depan Makodim Wonogiri.

Bersamaan dengan patroli gabungan berskala besar tersebut, sekaligus menyampaikan imbauan kepada masyarakat tentang pentingnya melakukan tindakan pencegahan terhadap wabah virus corona.

Yakni menyerukan agar warga masyarakat untuk tidak keluar rumah, nongkrong-nongkrong di warung, bergrombol dan berkrumun melakukan begadang. Karena hal itu bertentangan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, sebagaimana dianjurkan dalam physical distancing. Bersamaan itu, juga disampaikan materi terkait dengan pentingnya menjaga Kamtibmas di lingkungannnya masing-masing.

blank
Kasi Propam Polres Wonogiri Iptu Supardi, tampil melakukan pengaturan formasi kendaraan dalam patroli berskala besar TNI-Polri Wonogiri.

Sambang Desa
Paur Subag Humas Polres Wonogiri, Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, dalam kegiatan patroli berskala besar tersebut, petugas membubarkan sekitar 40 orang warga masyarakat yang sedang nongkrong, berkerumun, berkumpul untuk melakukan begadang di empat titik. Dengan menyampaikan imbauan secara humanis, kepada warga yang bedagang malam, diminta segera pulang ke rumahnya masing-masing.

Sementara itu, untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif, Anggota Koramil-10 Wuryantoro, Koptu Dwi bersama personel Polsek Wuryantoro Aiptu Sukardi dan Brigadir Sutrisno, melakukan patroli sambang desa dengan menyinggahi beberapa pos ronda Kamling.

blank
Dalam melakukan patroli sambang desa, jajaran Polsek dan Koramil Wuryantoro, memberikan pengarahan dan pembinaan kepada warga yang bertugas ronda malam di Poskamling.

Kepada warga yang melakukan tugas ronda malam, diberikan pemahaman tentang pentingnya melaksanakan protokol kesehatan pencegahan wabah virus corona. Termasuk mengingatkan agar mereka menggunakan masker, dan jaga jarak untuk tidak bergerombol.

Danramil-10 Wuryantoro Kapten (Inf) Joko Susilo, melalui Koptu Dwi selaku Babinsa, menyatakan, patroli sambang desa ini, dilakukan dalam upaya pembinaan wilayah, agar tercipta situasi yang aman dan nyaman serta terjauhkan dari gangguan tindak kejahatan.

Bambang Pur