blank
Hadi Priyanto, Ketua Yayasan Kartini Indonesia

JEPARA (SUARABARU.ID)– Untuk memberikan ruang bersama untuk tumbuhnya kreatifitas, inovasi, produktivitas dan semangat para pelajar, mahasiswa dan guru di tengah-tengah kegiatan belajar mandiri di rumah karena Covid-19, Yayasan Kartini Indonesia (YKI)  akan mengelar Kompetisi Creative From Home 2020 secara gratis.

Kompetisi terbuka  bagi pelajar dan guru di semua jejang pendidikan dan  mahasiswa di Kabupaten Jepara ini juga dalam rangka peringatan Hari Kartini ke-141, Hari Jadi ke-471 Jepara dan peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2020..

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Yayasan Kartini Indonesia, Hadi Priyanto kepada para wartawan Jumat (24/4/2020) di Press Room PWI Jepara di Kompleks Kantor Bupati Jepara.

Pengumuman kompetisi ini telah dilakukan dan diharapkan materi lomba telah dikirim kepada panitia pada tanggal 15 Mei dan akan diumumkan hasilnya pada tanggal 20 Mei 2020

blank
Kegiatan yang akan dilakukan dalam Kompetisi Creative from Home 2020

Menurut Hadi Priyanto, kompetisi dengan total hadiah Rp 22,4 Juta ini diselenggarakan YKI bersama dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK, SMA, SMP Kabupaten Jepara, Himpaudi, IGTKI, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga serta Pemkab Jepara,  Suara Jepara dan SUARABARU.ID.

Sedangkan kegiatan yang akan dilakukan  antara lain, menyanyi, cipta dan baca puisi, menulis kreatif, vlog, desain busana, dan bercerita serta video pembelajaran kreatif dan menyenangkan bagi para guru di semua jenjang pendidikan.

Hadi Priyanto juga menjelaskan, latar belakang diselenggarakannya Kompetisi Creative From Home 2020 antara lain adanya penurunan produktivitas para pelajar, mahasiswa dan guru dalam memanfaatkan waktu, menyusul diberlakukannya kebijakan stay at home yang kemudian salah satu wujudnya adalah belajar mandiri di rumah.

“Tidak mudah para pelajar dan  mahasiswa memanfaatkan waktu di rumah secara produktif. Sementara waktu belajar di rumah belum diketahui sampai kapan. Sebab  sangat ditentukan oleh selesainya penanganan covid-19,” ujarnya.

Hadi juga menjelaskan, seluruh kegiatan kompetisi ini diharuskan dilakukan oleh para pesera di rumah dan kemudian direkam dan dikirimkan kepada panitia via emai yayasan.kartini.ind@gmail.com.

“Seluruh materi lomba ini kemudian akan diunggah di media sosial oleh peserta dan oleh panitia. Harapan kami, karya kreatif peserta ini akan menjadi konten positif di media sosial yang dapat menumbuhkan semangat dan harapan masyarakat di tengah-tengah ancaman covid-19,” ujar Hadi Priyanto.

Dijelaskan juga, karya para pemenang pertama dalam kompetisi ini nantinya akan ditayangkan di media SUARABARU.ID  termasuk profil para juara.

Sedangkan ketentuan, petunjuk teknis dan tata cara pengiriman materi lomba bisa diunduh melalui link berikut: https://drive.google.com/file/d/1J12tO8gs4Q0eT2dFTSTmuvN5hCwyL-cG/view?usp=sharing

Ulil Abshor

blank

blank

blank