blank
Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si (Dua dari kanan) menyerahkan secara simbolis paket ijazah kepada Kepala Kantor Pos Solo Elan Pramudiansyah untuk dikirim kepada lulusan UMS (Dok/ Bagus Adji)

SOLO (SUARABARU.ID) – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membatalkan upacara Wisuda Periode III tahun akademik 2019/2020 akibat berlangsungnya pandemi Covid 19. Perguruan tinggi akan mengantar Ijazah mahasiswa dengan mengirimkannya kepada setiap lulusan melalui jasa Pos Indonesia.

“Proses pengiriman ijazah ke alamat wisudawan mulai dilakukan hari ini. Tahap pertama dikirimkan sekitar 728 paket . Selain ijazah, juga disertakan pula buku wisudawan dan kalung medali wisudawan,” kata  Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si disela-sela acara pengiriman paket ijazah melalui PT Indonesia  di kampus setempat, Senin (20/4)

Keputusan meniadakan upacara wisuda periode III tahun akademik 2019/2020, yang sedianya digelar 28 Maret 2020 lalu, lanjut Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si , bertujuan mencegah penyebaran covid19. Namun demikian mahasiswa diberi pilihan jika bersedia mengikuti wisuda periode berikutnya. Diakui antusiasme calon wisudawan sangat kuat, karena wisuda merupakan momen berharga dan membahagiakan.

Pihaknya  berharap kerjasama pengiriman ijazah dengan Pos Indonesia berjalan lancar, serta bisa diterima mahasiswa secara utuh tanpa ada yang kurang atau cacat. “Kami percayakan pada Pos Indonesia, semoga bisa cepat diantarkan ke alamat yang sudah tertera,” harapnya.

Kepala Kantor Pos Solo, Elan Pramudiansyah yang juga hadir mengatakan, Pos Indonesia berkomitmen menjaga amanah yang diberikan  UMS. Pihaknya berharap kerjasama antara PT. Pos Indonesia dengan UMS yang terjalin bisa berjalan baik.

“Proses pengiriman paket berlangsung bertahap dengan jarak waktu sampai yang variatif. Ada yang menggunakan layanan ekspres satu hari sampai, atau kilat khusus antara tiga sampai lima hari. Tergantung dari lokasi penerima, apakah mudah dijangkau atau tidak. Semoga alamat yang sudah kami terima bisa segera diilacak di seluruh Indonesia. Pengiriman paket dijamin aman dan diasuransikan,” jelasnya.

Bagus Adji-trs