blank
SIAP DIDISTRIBUSIKAN - Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi didampingi Kepala Dinas Sosial, Dyah Kemala Shinta, meninjau paket sembako di Kelurahan Slerok yang siap didistribusikan. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Jelang pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pemerintah Kota Tegal mulai mendistribusikan sembako ke Kelurahan-kelurahan, Minggu (19/4/2020).

Paket sembako bantuan sosial bagi masyarakat terdampak Pandemi Covid-19 dari Pemkot Tegal sudah berada Balai Kelurahan se-Kecamatan Tegal Timur.

Sesuai rencana, Pemkot Tegal akan mendistribusikan sembako langsung kepada penerima mulai hari Senin (20/04/2020). Pembagian dari Balai Kelurahan dengan menggunakan angkutan kota dan diteruskan dengan becak jika rumah penerima masuk ke gang.

Sebelum masa PSBB di Kota Tegal diberlakukan pada Kamis (23/04/2020), sebanyak 16.365 paket sembako sudah didistribusikan kepada warga yang telah didata Pemkot Tegal.

Rinciannya, 14.111 untuk warga miskin, dan sisanya sebanyak 2.254 paket untuk pedagang di kawasan obyek wisata Pantai Alam Indah (PAI), Muarareja, Pulau Kodok, Batamsari, PKL, penyapu Jalan, tukang parkir, penjaga makam dan nelayan.

“Jadi sebelum PSBB dilaksanakan, kita yakinkan dulu masyarakat sudah mendapatkan bantuan sembako. Artinya pada saat PSBB dilaksanakan, masyarakat sudah tidak perlu lagi keluar rumah untuk membeli sembako. Karena kita sudah beri bantuan kepada mereka,” kata Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi yang didampingi Kepala Dinas Sosial Kota Tegal, Dyah Kemala Shinta, saat meninjau ke Balai Kelurahan Slerok untuk mengecek sembako yang akan didistribusikan.

Selain di Kelurahan Slerok, Jumadi juga mengecek sembako di Kelurahan Kejambon dan Kelurahan Panggung. Di ketiga balai kelurahan, paket sembako sudah siap didistribusikan.

“Masyarakat tidak usah keluar, biar kami Pemerintah Kota Tegal yang mengantar ke rumah masing-masing warga yang membutuhkan. Tidak usah datang ke kelurahan,” tegas Jumadi.

Pendistribusian menggunakan angkutan kota dan becak sebagai upaya Pemkot Tegal membantu perekonomian sopir angkutan kota dan tukang becak. “Ya bagi- bagi rejeki untuk angkot dan becak,” tutur Jumadi.

Sembako terdiri dari 5 kg beras, 6 bungkus mie instan, 1 botol susu kental manis, 1 pak isi 10 bungkus teh, dan 1 kaleng ikan sarden. Di Slerok sudah tersedia sebanyak 921 paket sembako, di Kelurahan Kejambon 784 paket dan di Kelurahan Panggung 1.718 paket.

Menurut Jumadi, Pemkot Tegal akan memberikan bantuan paket sembako kembali pada Mei nanti. Jumadi juga meminta warga yang mampu untuk juga membantu, minimal kepada tetangganya agar menikmati kehidupan seperti masyarakat yang lain.

Nino Moebi