blank
Kapolres Jepara, AKBP Nugroho Tri Nuryanto ketika menyerahkan bantuan sembako dan uang tunai. (Foto:Humas Polres Jepara)

JEPARA(SUARABARU.ID)– Tukang becak, ojek pangkalan dan ojek online adalah salah satu kelompok masyarakat yang merasakan dampak   dari covid-19. Sebab untuk penyebaran virus ini, diam di rumah adalah pilihan terbaik.

Akibatnya, mobilitas warga berkurang drastis dan berdampak pada penghasilan sektor informal dibidang transportasi ini. Padahal harga kebutuhan pokok merangkak naik.

blank
Para [ejabat utama Polda Jateng juga turut menyerahkan bantuan giat baksos Polri Peduli Foto: Humas Polres Jepara)(
Untuk  sedikit meringankan beban kelompok masyarakat ini, jajaran Polres Jepara kembali melakukan kegiatan kemanusian dengan membagikan 409 paket sembako dan uang tunai kepada mereka. Bantuan juga menyasar kelompok yang sama di 16 Polsek yang ada di Jepara. Kegiatan ini adalah bagian dari Baksos Polri Peduli Masyarakat.

Kegiatan pembagian dilakukan pada Rabu (15/4/2020) pagi. Pembagian paket sembako diberikan langsung kepada mereka yang biasa mangkal di kawasan jalan pertigaan Bulu, Alun – alun 2  dan Alun – alun 1 Jepara.

Disamping itu juga sejumlah warga Kelurahan Potroyudan yang kurang mampu.  Hadir pula pada acara ini, Dansat Brimob Polda Jateng Kombes Tory Krisyanto, , Dirpolair Kombes Pol Risnanto, Kabidlatfor Kombes Pol Wahyu Marsudi, , dan Kabid Propam Polda Jateng Kombes Pol Mukiya..

Kapolres Jepara, AKBP Nugroho Tri Nuryanto, mengatakan agenda pembagian 409 paket sembako dan uang tunai ini dilakukan Polres Jepara dan jajaran  Polsek atas arahan  dari Kapolda Jawa Tengah. “Semoga ini dapat bermanfaat dan menyambung keberlangsungan hidup mereka untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, selama pademi Covid-19,” sambungnya.

Sementara  Darman, tukang becak yang biasa mangkal di alun-alun Jepara 2  mengaku bersyukur mendapatkan bantuan itu. “ Ini cukup untuk  makan kami bertiga satu minggu,” ujar Darman yang mengaku biasa makan 2 kali sehari jika ada rejeki. Sebab  sekarang  penghasilan tidak tentu. Bahkan dua hari terakhir ini hanya dapat Rp. 10 ribu

Sedangkan salah seorang  Ojol,  Bagus mengaku senang mendapat paket sembako dan uang tunai dari Polres Jepara. Bagus yang sehari-hari mangkal di pertigaan bulu mengaku saat ini orderan sangat sepi. Kadang sehari dapat sehari tidak,” katanya.

Keluhan menurunnya penghasilan juga disampaikan oleh ojeg pangkalan, Riyanto.  “ Dalam dua minggu ini, 4 hari saya keluar tanpa ada penghasiloan sama sekali,” ujarnya sambil terseyum memegang beras dan uang yang diberikan Kapolres Jepara.  

Hadi Priyanto

blank