blank
Anggota DPRD Wonosobo tengah melihat hazmart yang dijemur di halaman belakang Puskesmas II Kalianget. (Foto : SB/Muharno Zarka)

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Kepedulian terhadap tim medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19 dan pencegahan penularan serta penyebaran virus Corona datang dari berbagai kalangan, termasuk anggota DPRD Wonosobo.

Wakil rakyat yang duduk di DPRD setempat berupaya menggalang dana dengan sistem patungan di kalangan anggota DPRD. Dana yang terkumpul lalu dibelanjakan untuk membeli alat pelindung diri (APD), berupa masker dan hand sanitizer.

Masker dan hand sanitizer tersebut selanjutnya disumbangkan kepada tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas maupun di Pos Kesehatan di Posko Penanganan Percepatan Darurat Covid-19 di beberapa titik kedatangan pemudik atau orang dari luar daerah di Wonosobo.

Koordinator Kegiatan “Bersama Melawan Covid-19 DPRD Wonosobo” Nurkholis mengatakan, hari ini, Rabu (8/4), sejumlah wakil rakyat setempat menyerahkan masker dan hand sanitizer di Puskesmas II Wonosobo, Puskesmas II Kejajar di Dieng dan Posko Percepatan Penanganan Darurat Covid-19 Tambi Kejajar.

Butuh Vitamin

blank
Wakil rakyat di Wonosobo patungan membeli APD untuk disumbangkan ke tim medis. (Foto : SB/Muharno Zarka)

Sembari menyerahkan APD, dalam kegiatan tersebut, wakil rakyat di Wonosobo sekaligus melakukan pemantauan terhadap kebutuhan APD dan pendukung operasional posko. Selain itu, juga memberikan dukungan moral terhadap tim medis dan petugas lainnya.

“Kebutuhan APD berupa masker, hazmart dan hand sanitizer di semua Puskesmas dan posko masih sangat kurang. Bahkan karena tidak ada APD baru, tim medis terpaksa mencuci hazmart untuk dipakai kembali. Itu terjadi di Puskesmas II Wonosobo di Kalianget,” katanya.

Ditambahkan Anto, anggota Komisi C (Bidang Pembagunan), di luar kebutuhan APD yang masih kurang, tenaga kesehatan dan petugas jaga di posko Covid-19 sangat memerlukan suplai vitamin. Pemenuhan vitamin tersebut penting agar tim medis dan petugas lainnya tetap dalam kondisi sehat saat bertugas.

“Semua pihak menginginkan agar wabah Covid-19 ini segera berakhir. Karena selama pandemi global terjadi, tenaga dan pikiran petugas dan warga terkuras untuk mengatasi penyebaran dan penularan virus Corona. Mari bersama-sama lawan Covid-19 agar tidak terus meluas di masyarakat,” ajak Sutopo, anggota Komisi C DPRD Wonosobo.

Muharno Zarka-Wahyu