blank
Kepala SMK Muda Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Bambang Sulistyanto (kedua dari kiri), menyerahkan produk APD buatan siswanya, kepada Bupati Wonogiri, Joko Sutopo. Para Wakasek dan Guru ikut mendampinginya.
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhadiyah 2 (Muda) Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, mampu memproduksi pakaian Alat Pelindung Diri (APD). Yakni pakaian untuk kelangkapan bagi para tenaga kesehatan (Nakes) dan petugas medis, yang berdinas di garda depan pencegahan wabah virus corona.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Wonogiri, Gunarsi SPd, MPd, Selasa (7/4), menyatakan, SMK Muda Wuryantoro dipimpin oleh Kepala Sekolah (Kasek) Drs Bambang Sulistyanto. Pembuatan busana APD dilakukan oleh para siswa dari Program Pendidikan (Prodi) Tata Busana.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbub) Provinsi Jateng, Jumeri STP,  mendorong kepada semua SMK di Jateng yang memiliki Prodi Tata Busana, ikut berperan mendukung pembuatan APD. Ketua MKKS SMK Provinsi Jateng, Drs Samiran MPd, menyatakan, SMK yang memiliki Prodi Tata Busana mempunyai peran strategis dalam ikut mendukung langkah pemerintah melakukan pencegahan pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19, melalui pembuatan pakaian APD.

blank
Seorang guru didampingi Kasek Bambang Sulistyanto (kedua dan ketiga dari kanan) memperagakan pakaian APD karya siswa SMK Muda Wuryantoro, Wonogiri.

SMK Bisa
Sejalan dengan motto ‘SMK Bisa’ dan dalam menyikapi wabah virus corona, Kasek SMK Muda Wuryantoro, Wonogiri, Bambang Sulistyanto, bersama para guru Tata Busana, langsung membuat pakaian APD. ”Ternyata itu dapat kami wujudkan,” ujarnya.

Produk APD karya anak-anak SMK Muda Wuryantoro, langsung didistribusikan ke sejumlah Puskesmas di Wonogiri. Langkah ini, dilakukan dalam upaya ikut memberikan solusi terhadap kekurangan APD bagi para Nakes dan petugas medis di lapangan.

Sebanyak 25 piece APD karya para siswa SMK Muda Wuryantoro, Senin (6/4), diserahkan kepada Bupati Wonogiri Joko Sutopo. Penyerahannya dilakukan di ruang kerja Bupati Wonogiri, oleh Kasek Bambang Sulistyanto dengan didampingi para Wakasek dan sejumlah guru.

blank
Kasek SMK Muda Wuryantoro, Wonogiri, Bambang Sulistyanto (kanan), menyampaikan penjelasan tentang APD yang diproduksi oleh anak didiknya, kepada Bupati Wonogiri Joko Sutopo (kiri).
Fasilitas Kerja
Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kreativitas SMK Muda Wuryantoro, yang peduli dan tanggap dalam ikut menyikapi kemunculan pandemi Covid-19. Produk APD anak-anak SMK Muda Wuryantoro tersebut, sangat bermanfaat sebagai fasilitas kerja bagi para Nakes dan petugas medis.

Terlebih lagi, jumlah APD saat ini masih mengalami kekurangan. Sementara untuk membeli mengalami kesulitan, karena barang tersebut langka di pasaran.

blank
Bupati Wonogiri Joko Sutopo (kanan) menerima produk APD dari Kasek SMK Muda Wuryantoro, Bambang Sulistyanto (kiri).


Kasek SMK Muda Wuryantoro, Bambang Sulistyanto, menyatakan, terhitung sejak Tanggal 2 sampai 6 April 2020, telah didistribusikan sebanyak 30 piece APD ke 5 Puskesmas di Kabupaten Wonogiri. Yakni ke Puskemas Wuryantoro sebanyak 10 piece, Puskemas Eromoko 1 dan Puskesmas Eromoko 2 masing-masing sebanyak 5 piece. Berikut ke Puskesmas Manyaran dan Puskesmas Pracimantoro masing-masing sebanyak 5 piece.

Kemudian yang diserahkan langsung kepada Bupati Wonogiri sebanyak 25 piece. Bersama itu, SMK Muda Wuryantoro juga membagikan sebanyak 1.500 masker kepada warga sekolah dan kepada Puskesmas, serta masyarakat di lingkup Distrik Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.

Bambang Pur