Bagikan
Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho mengajak para personelnya untuk semangat jelang operasi keselamatan lalu lintas candi 2020. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Polres Grobogan mengadakan operasi keselamatan lalu lintas candi 2020 mulai 6 April 2020. Sebelum turun ke jalan, para personel mengikuti latihan praoperasi di ruang Posko Operasi Mapolres Grobogan, Senin (6/4/2020).

Latihan ini ditujukan untuk meningkatkan profesionalisme anggota yang akan melaksanakan operasi keselamatan lalu lintas candi 2020.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolres Grobogan, AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho, Wakapolres Grobogan, Kompol Dwi Hendro Pudyatmo serta para kasat, kanit dan pejabat utama Polres Grobogan.

Dalam sambutannya, Kapolres mengatakan bahwa Latihan Pra-operasi ini sebagai langkah persiapan untuk melaksanakan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2020 dengan mengedepankan fungsi lalu lintas.

“Fokus dalam operasi ini adalah pencegahan virus corona dan memberikan imbauan pada masyarakat dalam berlalu lintas serta cipta kondisi menjelang Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri tahun 2020,” ujarnya.

Kegiatan Operasi Keselamatan 2020 dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 6-19 April 2020. Kapolres berharap operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2020, sasaran yang akan dicapai diantaranya turunnya angka kecelakaan, dan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas dapat terwujud.

Selain menargetkan turunnya angka kecelakaan, menghimbau anggota yang terlibat dalam Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2020 untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

“Jaga kepercayaan masyarakat, laksanakan operasi ini dengan humanis serta sesuai dengan SOP (Standart Operating Prosedure-red), kedepankan preemtif dan preventif serta lakukan pembinaaan dan penyuluhan tentang keselamatan berlalu lintas,” pesan Kapolres.

Berbeda

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Grobogan, AKP Muchammad Yogi Prawira mengungkapkan, operasi keselamatan lalu lintas candi 2020 yang dilaksanakan selama 14 hari ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk memutus penyebaran covid-19.

“Di mana operasi ini harus ada getarannya dan berbeda dengan operasi maupun giat rutin. Selain itu kita juga akan melakukan peningkatan kegiatan preemtif dan preventif untuk meningkatkan citra Polisi Lalu Lintas, adapun kegiatan sebagai berikut, yaitu dengan pembagian masker kepada pengguna jalan.”

“Kita juga akan bagi hand sanitizer, cairan disinfektan ke desa-desa, pembagian sembako kepada warga yang dirumahkan akibat imbas covid-19 dan penindakan dengan tilang tetap dilaksanakan
kepada pelanggaran yang berpotensi menyebabkan fatalitas korban kecelakaan, selain itu penindakan dengan teguran,” jelas AKP Yogi.

Di samping itu, pria asal Jawa Barat itu juga menjelaskan Satlantas Polres Grobogan juga akan meningkatkan kegiatan Dikmas kepada masyarakat untuk selalu mengikuti imbauan dari pemerintah dan melaksanakan kegiatan sosialisasi dan imbauan-imbauan melalui media elektronik dan media
cetak.

Untuk kecelakaan yang terjadi di perlintasan sebidang juga diperhatikan dan akan melakukan langkah-langkah dengan mengkoordonasikan dengan Pemkab Grobogan dan PT KAI. Hal ini terkait tentang tanggung jawab keselamatan di perlintasan sebidang.

“Kita juga membuat SOP tentang penanganan kecelakaan lalu lintas dengan asumsi bahwa korban
positif Covid-19,” pungkasnya.

Hana Eswe-Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here