Bagikan
Warga Desa Plosorejo saat melihat areal persawahan yang tergenang banjir akibat pendangkalan sungai alam di wilayah tersebut. Foto : hana eswe/ist.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Hampir merata hujan deras mengguyur di wilayah Kabupaten Grobogan, Minggu (5/4/2020). Sejak pukul 15.30-17.30 WIB, hujan deras ini membuat banjir di daerah Kecamatan Tawangharjo, yakni di jalan penghubung antara Dusun Penjalinan-Bringin, Desa Plosorejo.

Dari informasi yang diperoleh suarabaru.id, selain curah hujan yang tinggi, banjir juga disebabkan adanya pendangkalan sungai. Tumpukan sampah yang datang dari hulu ke hilir menyebabkan penyumbatan air di sungai.

Saat dikonfirmasi, Camat Tawangharjo, Mundakkar mengatakan, banjir mengenangi jalan dan area persawahan dengan luas kurang lebih 10 hektar. Sawah yang baru saja ditanami padi ini terendam air akibat banjir tersebut.

“Hujan deras yang melanda di wilayah Kecamatan Tawangharjo telah mengakibatkan banjir di jalan yang menghubungkan dusun Penjalinan dan Bringin, Desa Plosorejo. Untuk pemukiman tidak
terendam banjir. Hanya sawah seluas 10 hektar dan petang tadi sudah surut,”

“Untuk pendangkalan sungai alam ini, kita berharap segera diatasi oleh pihak terkait,” harap Mundakkar.

Luapan Avour

Selain di Tawangharjo, juga banjir akibat luapan avour sungai dikabarkan terjadi di Kecamatan Purwodadi. Yakni di sekitar Perumda Purwodadi. Hal ini dibenarkan Kalakhar BPBD Grobogan, Endang Sulistyaningsih.

“Ini kami dapat informasi kalau ada banjir akibat luapan avour di Perumda Purwodadi. Tetapi baru kita cek,” ucap Endang.

Hana Eswe-Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here