blank
Bank thithil (ilustrasi). Foto: Petisi.co

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Desa Tambakselo di Kecamatan Wirosari, Grobogan punya kebijakan, melarang masuk petugas “bank thithil” atau jasa kredit berjalan masuk di wilayah desanya.

Baca juga Desa Tambakselo Disemprot Disinfektan

“Alasan pelarangan ini adalah, terjadinya perpindahan uang dari satu tempat ke tempat lain yang mengakibatkankan kontak antara petugas ‘bank thithil’ dengan penduduk. Hal ini mengingat petugas banjasa kredi berjalan itu berasal dari luar wilayah Grobogan,” kata Kades Tambakselo Joko Sareh Prasetyo kepada Suarabaru.Id, Minggu (5/4/2020).

blank
Sebelum dilakukan penyemprotan disinfektan, di desa Tambakselo, Wirosari, Bhabinkamtibmas Desa Tambakselo melakukan imbauan kepada masyarakat lewat pengeras suara dari atas mobil damkar. Foto :Hana Eswe.

Namun, untuk kebijakan lain, Desa Tambakselo tidak melarang perantau pulang ke rumahnya. “Tetapi bagi perantau yang pulang kampung hanya diminta untuk mendata diri dan melakukan karantina mandiri selama 14 hari di dalam rumahnya,” kata Kepala Desa Tambakselo Sareh Joko Prasetyo kepada Suarabaru.Id.

Dia meminta warganya, terutama para perantau yang pulang kampung bisa mematuhi ketentun ini, untuk mencegah penularan covid-19. Selain menetapkan kebijakan ini, pihak desa juga sudah melakukan penyemprotan menggunakan cairan disinfektan di wilayah desa, dengan dukungan anggota Karang Taruna, anggota PKK, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Banser, Linmas Desa Tambakselo serta dibantu Damkar Grobogan wilayah Wirosari.

Hana eswe-trs