blank
Para personel SAR Kabupaten Wonogiri, melakukan tugas penyemprotan disinfektan. Mereka menggunakan kendaraan operasionalnya yang telah dimodifikasi dengan empat sprayer alat semprot.(Foto: SAR Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sebagai relawan kemanusiaan, para insan Search And Resque (SAR) Kabupaten Wonogiri, biasa tampil di garda depan dalam operasi pencarian dan penyelamatan korban bencana, musibah dan tragedi.

Tapi kali ini, mereka juga tampil melakukan aktivitas penyemprotan disinfektan dalam gerakan sesarengan (bersama) melawan wabah virus corona. Wisnu, dari SAR Media Wonogiri, Sabtu petang (4/4), menyatakan, keikutsertaan jajaran SAR melawan wabah virus corona, dikemas dalam bentuk aktivitas Join Us to Fight Against Covid-19.

”Untuk memberikan sikap tanggap terhadap perkembangan dan situasi saat ini, SAR Wonogiri terpanggil turut serta berpartisipasi dan berkontribusi langsung kepada masyarakat, dengan melakukan penyemprotan disinfektan,” jelas Wisnu.

blank
Kecuali dengan mobil, personel SAR Wonogiri juga melayani penyemprotan manual memakai hand sprayer. Khususnya untuk menjangkau lokasi yang sempit.(Foto: SAR Wonogiri)

Fasilitas Umum
Sasaran penyemprotan, adalah tempat atau lokasi fasilitas umum, fasilitas pendidikan, fasilitas sosial dan atas permintaan warga masyarakat. Kegiatan ini, diinisiasi oleh almarum Komandan SAR Wonogiri, Kompol (Purn) H Warseno SH, melalui sprint Nomoer: 013/III-01/2020 tertanggal 24 maret 2020. ”Atau empat hari, sebelum beliau wafat,” ujar Wisnu.

Untuk melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan, SAR Wonogiri menurunkan Satgas sebanyak 5 regu. Perinciannya, sebanyak 3 regu di Mako Induk Wonogiri, dan masing-masing satu regu di unit Baturetno dan di unit Pracimantoro. ”Dengan total kekuatan sebanyak 50 personel,” jelas Wisnu.

Tindakan untuk ikut melawan wabah virus corona ini, dikemas dalam aksi SAR Bergerak. Para personel SAR Wonogiri, berhasil memodifikasi salah satu kendaraan operasionalnya, yaitu Toyota Landcruiser Fj40 4×4,  yang telah disulap menjadi kendaran taktis untuk tugas penyemprotan. Mobil jeep jenis Four Whell Drive ini, dilengkapi fasilitas 4 sprayer (alat semprot) dan kelengkapan tangki berkemampuan menampung air dengan kapasitas 1.200 liter. Disamping itu, juga melakukan pelayanan penyemprotan secara manual memakai hand sprayer.

blank
Personel SAR Wonogiri ikut hadir di garda depan, dalam ikut serta sesarengan (bersama) melawan wabah virus corona.(Foto:SAR Wonogiri)

Ketua Baru
Sabtu (4/4), tim SAR Wonogiri melakukan penyemprotan di Lingkungan Banaran RT 3/RW 11, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Atas nama warga, Ketua RT setempat, Wiwik Budi Priyanto, menyampaikan ucapan terima kasih kepada para personel SAR Wonogiri yang telah peduli melakukan penyemprotan untuk pencegahan pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19. Ucapan sama, juga disampaikan oleh tokoh masyarakat Banaran, Andi Purwanto Kuyur.

Ditambahkan oleh Wisnu, berdasarkan rapat anggota Tanggal 30 Maret 2020 lalu, secara aklamasi memutuskan bahwa Aiptu H Agus Widodo Saputro, menjadi Ketua SAR Kabupaten Wonogiri yang baru, menggantikan almarhum Kompol (Purn) H Warseno SH.

blank
Mobil operasional SAR Wonogiri, Jeep Four Wheel Drive ini dimodifikasi untuk fasilitas tugas penyemprotan melawan wabah virus corona.(Foto:SAR Wonogiri)

Seperti pernah diberitakan, Warseno telah menjabat selama 15 tahun menjadi Ketua SAR Wonogiri. Yakni terhitung sejak SAR Wonogiri berdiri sampai akhir hayatnya, Warseno, tidak pernah tergantikan.

Bambang Pur