blank
Bill Withers dalam acara Rock and Roll Hall of Fame 2015 di Cleveland, Ohio 18 April 2015. Antara

JAKARTA (SUARABARU.ID)- Penyanyi Bill Withers yang dikenal dari lagu-lagu terkenal era 1970-an seperti “Lean on Me,” “Lovely Day” dan “Ain’t No Sunshine” meninggal dunia pada usia 81 tahun akibat komplikasi jantung, kata keluarganya, Jumat (3/4) waktu setempat.

Withers telah menelurkan sembilan album, sebagian besar ditulis dan direkam pada 1970-an, dimulai dari “Just As I Am” yang berisi “Ain’t No Sunshine”, yang membuatnya menyabet satu dari tiga penghargaan Grammy.

Karier musiknya surut pada era 1980-an ketika dia meninggalkan sorotan publik untuk kehidupan yang lebih tertutup.

“Pria penyendiri dengan hati yang ingin terhubung dengan dunia lewat puisi dan musik, dia bicara dengan jujur kepada orang-orang dan menghubungkan mereka satu sama lain,” kata Rolling Stone mengutip keterangan keluarga. “Seperti kehidupannya yang tertutup hanya untuk keluarga dan sahabat, musiknya selamanya milik dunia.”

Bill Withers masuk ke dalam Rock & Roll Hall of Fame pada 2015, salahs atu dari penghargaan yang ia dapat, dan jarang tampil di hadapan umum untuk menerima penghargaan.

Penyanyi bernama lengkap William Harrison Withers Jr. ini lahir pada 4 Juli 1939 di Slab Fork, West Virginia. Dia adalah putra dari penambang yang meninggal ketika Withers masih berusia 13 tahun. Dia kemudian bergabung ke dalam angkatan laut, seperti dikutip dari laman resminya.

Setelah menjalani tugas militer, ia pindah ke Los Angeles di mana dia bekerja di pabrik suku cadang pesawat terbang, belajar gitar secara otodidak dan membuat demo musik yang melambungkan kariernya, demikian Reuters.

Ant/Muha