blank
Penasehat Lions Club Wonosobo Dieng Agus Purnomo ketika menyerahkan bantuan ke kaum difabel. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Lions Club Wonosobo Dieng punya cara jitu, dalam upaya meringankan beban warga kurang mampu yang saat ini makin terpuruk akibat terbatasnya akses usaha di tengah masa pandemi Covid-19.

Demi menaati aturan agar proses penyerahan bantuan tak sampai mengundang kerumunan massa, pengurus organisasi nirlaba Internasional itu mendatangi langsung warga penerima bantuan door to door atau di lokasi usaha mereka.

Hal itu terlihat ketika, Sabtu (4/4), sejumlah pengurus Lions Club menggelar aksi sosial mereka di sejumlah titik di seputaran Kota Wonosobo. Mereka berkeliling mendatangi kaum dhuafa yang membutuhkan uluran bantuan sembako.

Penasehat LC Wonosobo Dieng, Agus Purnomo, saat ditemui di sela penyerahan bantuan untuk keluarga Mislam (42), pemijat Tuna Netra yang bermukim di Sudagaran, menyebut aksi sosial tersebut merupakan bentuk kepedulian organisasi terhadap kondisi warga yang terdampak pandemi Covid-19.

“Saat ini sudah banyak pelaku usaha kecil yang mengeluhkan sepinya usaha karena warga lebih banyak tinggal di rumah. Sepinya usaha sangat berpengaruh terhadap penghasilan harian, sementara kebutuhan hidup sehari-hari keluarga harus terus terpenuhi,” jelas Agus.

Hal itu, tambahnya, jelas membuat warga yang biasa menggantungkan hidup dari usaha harian, menanggung beban kerugian karena pendapatan susut atau bahkan tidak ada sama sekali.

Terus Berlanjut

blank
Pedagang keliling di Wonosobo ketika mendapat bantuan sembako dari Lions Club Wonosobo Dieng. Foto : SB/Muharno Zarka

“Mereka sangat berharap status tanggap darurat Covid-19 segera berakhir sehingga kehidupan ekonomi bisa kembali normal seperti semula,” paparnya.

“Contohnya Pak Mislam ini, sebelum adanya wabah COVID19 setiap hari ada pasien yang datang karena butuh jasa pijatnya, tapi sejak adanya pembatasan pergerakan warga, sudah sekitar 10 hari ini tidak ada satupun pasien,” bebernya.

Karena itulah, bersama jajaran pengurus Lions Clubsl Wonosobo Dieng, Agus mengaku akan secara bertahap menyalurkan bantuan berupa paket kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula pasir hingga mie instan untuk kaum dhuafa dan difabel.

Selama sehari, dirinya bersama pengurus dan Koordinator TKSK Wonosobo, Tri Purwanto menyerahkan tak kurang dari 123 paket sembako kepada pedagang keliling, kusir dokar, ojek pangkalan hingga penderita disabilitas.

Koordinator Aksi Lions Club Wonosobo Dieng Peduli, Lina Paulus menambahkan pemberian bantuan sembako kepada kaum dhuafa masih akan terus berlanjut demi menumbuhkan semangat berbagi di kalangan masyarakat.

“Di tengah kondisi yang serba prihatin akibat wabah Corona ini, sudah saatnya kita menebarkan semangat agar warga masyarakat tetap sabar dan saling peduli satu sama lainnya,” pungkas Lina.

Muharno Zarka-Wahyu