blank
MEDANG : Kapolsek Kota Blora, AKP Agus Budiana (paling kiri), ikut aktif memantau warga pendatang di pintu masuk perbatasan Blora-Rembang depan Puskemas Medang, Desa Sendangharjo, Kecamatan Kota Blora. Foto : SB/Wahono.

BLORA (SUARABARU.ID) – Kapolres Blora, Jawa Tengah, AKBP Ferry Irawan, memerdayakan anggota Bhabinkamtibmas untuk melakukan pantauan terhadap warga pendatang di wilayah binaan masing-masing.

Pantauan itu dilakukan di seluruh desa dan kelurahan di 16 kecamatan se-Kabupaten Blora, sebagai bentuk antisipasi penebaran Covid-19.

Dalam kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas bersinergi dengan Babinsa, bidan desa serta aparat pemerintah desa, jelas Kapolres AKBP Ferry Irawan, Sabtu (4/4/2020).

Antisipasi itu, antara lain Slseperti dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Tunjungan, Polsek Tunjungan, Blora, Bripka Joko Purwanto, standby (ngepos) di Posko Tanggap Covid-19 yang di dirikan di desa binaannya.

Posko Covid-19, jelasnya, didirikan untuk antisipasi penyebaran wabah virus corona agar tidak menular di Blora. Adapun kegiatan posko adalah mengingatkan warga agar selalu jaga kebersihan diri, dan lingkungan.

Selain itu, warga diingatkan melakukan pendataan serta pemeriksaan kesehatan pada warga yang baru pulang dari perantauan (mudik).

Bersinergi

blank
POSKO : Kesiagaan petugas gabungan dari Polsek, tenaga medis Puskesmas, dan bidan desa di Posko Covid-19 Desa Tunungan, Kecamatan Tunjungan, Blora. Foto : SB/Wahono

Terpisah Kapolsek Tunjungan, AKP Budiyono, menambahkan sesuai dengan instruksi dari Kapolres Blora, bahwa anggota Polri harus ikut aktif dalam tugas kemanusiaan antisipasi wabah virus corona.

AKP Budiyono juga memerintahkan seluruh anggota agar menjalin sinergi dan koordinasi dengan semua pihak, guna melakukan tindakan pencegahan dan kegiatan lain untuk pencegahan Covid-19.

“Dalam pelaksanaan tugas, anggota dilapangan bersinergi dengan instansi terkait, sehingga lebih maksimal dalam kegiatan,” tambah AKP Budiyono.

Manurut Kapolsek Tunjungan, warga pendatang menjadi penting untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan, karena di khawatirkan membawa virus dari kota asal, apalagi pendatang dari daerah pandemi corona.

Ditambahkan Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan, seluruh Polsek jajaran di enam belas kecamatan di Blora telah melakukan berbagai upaya yang tentunya bersinergi dengan TNI Kodim serta instansi terkait dan pemerintah ditingkat kecamatan maupun desa untuk melakukan tindakan dipencegahan penyebaran virus covid-19.

“Berbagai upaya terus kami lakukan, semata mata untuk membantu memutus rantai penularan virus covid-19,” ucap Kapolres Blora.

Wahono-Wahyu