blank
Salah satu tim medis mendapat suport dari Dirut RSUD KRT Soetjonegoro dr Danang Sananto Sasongko sebelum bertugas merawat pasien Corona. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Ketua Satuan Gugus Tugas (Satgas) Penanganan Darurat Covid-19 Wonosobo One Andang Wardoyo meminta masyarakat tidak boleh melakukan tindakan pengucilan terhadap tim medis dan non medis yang merawat pasien Corona di rumah sakit maupun Puskesmas.

“Tim medis dan non medis yang merawat pasien Corona tengah berjuang menjalankan tugas profesi sekaligus misi kemanusiaan menyembuhkan pasien. Jadi tidak boleh dijauhi apalagi dikucilkan usai pulang dari rumah sakit atau Puskesmas,” katanya, Jumat (3/4).

Apalagi setiap menjalankan tugas, imbuhnya, tim medis dan non medis juga sudah dilengkapi alat pelindung diri (APD) sesuai standar operasional (SOP) yang ada. APD menjadi jaminan keamanan tenaga kesehatan dan non kesehatan ketika bertugas.

“Tenaga medis dan non medis saling bahu membahu dalam merawat pasien Corona agar lekas sembuh. Tidak hanya tim medis seperti dokter, perawat, ahli rontgen dan psikiater yang bekerja keras menyelamatkan nyawa pasien Corona,” sebutnya.

Pasalnya, imbuh dia, ada juga petugas pendukung lain yakni tenaga sanitasi, ahli gizi, staf administrasi, cleaning service, driver sampai scurity yang terlibat membantu tim medis dalam menjalankan tugas menangani pasien Corona.

Sesuai SOP

blank
Sekretaris Daerah Wonosobo, One Andang Wardoyo. Foto : SB/Muharno Zarka

Sementara itu, Direktur Utama RSUD KRT Soetjonegoro Wonosobo dr Danang Sananto Sasongko menandaskan, sebelum menjalankan tugas tim kesehatan sudah dilengkapi pakaian hazmart (APD) secara ketat supaya tidak tertular virus Corona dari pasien yang dirawat.

“APD lengkap tim medis itu meliputi topi, baju, masker pelindung medis (N95), kacamata, sarung tangan dalam, sarung tangan karet, kaos kaki
dan sepatu booth. APD lengkap dikenakan pula tenaga non medis ketika memasuki ruang isolasi,” paparnya.

APD lengkap tersebut, tambahnya, hanya sekali pakai. Ketika tim medis menjalankan tugas di hari berikutnya harus mengenakan APD baru. APD yang akan dipakai dalam kondisi steril. Sebelum masuk ruang isolasi petugas kesehatan juga dalam kondisi bersih, sehat dan aman.

“Setelah selesai menjalankan tugas dan mau pulang ke rumah, tim medis harus terlebih dulu mandi dan ganti pakaian yang bersih di rumah sakit. Jadi sampai ke rumah untuk bertemu anggota keluarga tim medis sudah dalam kondisi aman dan bersih,” sebutnya.

Guna tetap menjaga kesehatan tubuh, menurutnya, tim medis sudah diberi vitamin, suplement dan standar makanan yang bergizi tinggi. Selalu dicek kondisi kesehatan baik secara fisik maupun psikis sebelum dan sesudah bertugas.

Muharno Zarka-Wahyu