blank
Petugas sedang menata paket sembako yang akan diberikan kepada ODP dan PDP
PURWOREJO (SUARABARU.ID)-Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di Kabupaten Purworejo hingga hari ini berjumlah 20 orang.  Sebanyak 14 orang telah dinyatakan sembuh dan sudah diperbolehkan pulang. Tiga orang PDP yang dinyatakan sembuh, hasil test swabnya dinyatakan negatif, 11 orang masih menunggu hasil test swab.
Hal itu diungkapkan dr Darus selaku juru bicara Pemerintah Kabupaten Purworejo dalam penanganan Covid-19 hari ini (2/4). “Dengan demikian sampai saat ini, belum ada kasus terkonfirmasi atau positif Covid-19 di Kabupaten Purworejo. Sementara dua PDP yang meninggal dunia, sampai saat ini hasil pemeriksaan belum keluar,” jelasnya.
Untuk 11 PDP yang telah dinyatakan sembuh namun belum diketahui hasil test swab-nya, mereka tetap wajib isolasi diri di rumah dan melanjutkan pengobatan selama 14 hari atau sampai hasil tes laboratorium keluar.
Orang yang masuk kategori PDP dinyatakan sembuh jika mereka sudah tidak ada gejala atau ada gejala perbaikan keadaan umum dan bisa berobat jalan. Kondisi pasien yang dinyatakan sembuh dan boleh pulang antara lain adalah, suhu tubuh normal, sudah tidak batuk pilek serta sesak napas sembuh.
Sementara itu, berdasarkan hasil Rapid Diagnostic Test, 15 orang anggota keluarga dari dua PDP yang meninggal dunia dinyatakan negatif corona. Mereka terdiri atas 4 orang dari keluarga PDP asal Sucen Jurutengah, Kecamatan Bayan dan 11 orang dari keluarga asal PDP di Desa Rendeng,  Kecamatan Gebang.
“Ke-15 orang tersebut dites cepat dengan menggunakan Rapid Diagnostic Test  bantuan dari pusat karena masuk kategori kontak erat keluarga. Alhamdulillah semuanya negatif,” ungkap dr Darus.
Bantuan Sembako ODP dan PDP
blank
Dokter Darus

Sementara itu terkait pendistribusian bantuan sembako bagi keluarga ODP dan PDP, akan diberikan sesuai data di lapangan. Pada distribusi hari pertama pada hari pertwma kemarin (1/4), tercatat ada 600 paket sembako yang diditribusikan, sesuai data jumlah ODP dan PDP hari itu.

Pada hari kedua ini (2/4) kembali didistribusikan paket sembako sesuai tambahan data jumlah ODP. Demikian juga pada hari-hari berikutnya, apabila ada tambahan data ODP dan PDP, maka akan disiapkan paket sembako tambahan.
Sebagai informasi, paket sembako terdiri dari beras (20 kg), gula (1 kg) , mie instan (30 bungkus), minyak goreng (1 liter) dan telur (2 kg) itu dibagi berdasarkan jumlah KK. Bagi keluarga yang masih memiliki bayi, juga diberi bantuan susu formula.
UTAMI