blank
Bupati Wonosobo Eko Purnomo dan Sekda One Andang Wardoyo diwawancari wartawan usai melakukan kunjungan ke RSUD KRT Soetjonegoro. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sebagian besar orang dalam pemantuan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) virus Corona yang dirawat di RSUD KRT Soetjonegoro, Rumah Sakit Islam (RSI) dan RS PKU Muhammadiyah Wonosobo dalam kondisi sehat.

Informasi tersebut disampaikan Direktur Utama RSUD KRT Soetjonegoro Wonosobo dr Danang Sananto Sasongko, Rabu (1/4) sore, di sela-sela menerima kunjungan Bupati Eko Purnomo, Sekda One Andang Wardoyo dan Dirut Bank Wonosobo Tri Hidayat.

“Bahkan satu pasien positif Covid-19 yang tengah dirawat di RSUD KRT Soetjinegoro kondisi kesehatannya juga terus membaik. Mudah-mudahan dengan penanganan intensif dari tim medis ODP, PDP dan pasien positif Corona bisa cepat sembuh dan segera dipulangkan,” tegasnya.

Tim medis di tiga rumah sakit di Wonosobo yang merawat pasien Corona, tambahnya, dipastikan selalu siap lahir batin. Selama 24 jam perawat, psikolog, dokter dan tenaga non medis lainnya siaga penuh demi kesembuhan ODP, PDP dan pasien positif Corona.

Olah Raga

blank
Direktur Utama RSUD Soetjonegoro Wonosobo, dr Danang Sananto Sasongko. Foto : SB/Muharno Zarka

Saat ini, di RS PKU Muhammadiyah ada 2 ODP dan 1 PDP virus Corona yang juga mengalami gagal ginjal dengan 14 ruang isolasi. Di RSI ada 3 ODP dan disiapkan 12 bangsal isolasi dan RSUD KRT Soetjonegoro terdapat 7 ODP, 2 PDP dan 1 pasien positif virus Corona.

“Pasien ODP dan PDP yang sekarang sedang dirawat di rumah sakit happy-happy saja. Mereka melakukan aktifitas harian seperti biasa. Makan, istirahat, beribadah dan olah raga selalu dilakukan dengan santai guna menjaga tubuh agar tetap bugar, ” tandasnya.

Jika selama perawatan dan masa isolasi 14 hari di rumah sakit selesai dan dinyatakan sembuh, sehat serta negatif dari virus Corona mereka diperbolehkan pulang ke rumah. Warga diminta bisa menerima kembali mereka dan tidak boleh kucilkan karena sudah bebas dari virus Corona.

RSUD KRT Soetjonegoro sebagai rumah sakit rujukan lini kedua, tambahnya, sudah menyiapkan semua fasilitas, baik ruang isolasi, perawat, dokter, psikolog dan tenaga pendukung non medis lainnya. Alat pelindung diri (APD) dan nutrisi tambahan bagi tenaga medis dalam kondisi siap serta tersedia untuk beberapa bulan mendatang.

Muharno Zarka-Wahyu