blank
Semua kendaraan yang melintas di Desa Kembaran Kalikajar Wonosobo diperiksa petugas untuk pencegahan penularan Covid-19. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Upaya pencegahan penularan dan penyebaran virus Corona tengah menggema di mana-mana. Semua itu dilakukan sebagai ikhtiar pencegahan dini Covid-19 menyebar dan meluas di masyarakat.

Hari ini, Selasa (31/3), Tim Satgas Penanganan Darurat Covid-19 Desa Kembaran Wonosobo melakukan screning (pengawasan) terhadap warga dan pendatang yang masuk wilayah desa setempat.

Kepala Desa Kembaran Agung Hermawan menyatakan screning terhadap warga masuk desa, sebagai tindakan antisipasi preventif terhadap pencegahan penularan dan penyebaran virus Corona.

Jalur Ramai

blank
Tim Satgas Covid-19 Desa Kembaran Kalikajar Wonosobo bersiaga di Posko Desa setempat. Foto : SB/Muharno Zarka

“Jalan wilayah Desa Kembaran setiap hari ramai dengan lalu lalang. Baik itu warga setempat maupun warga luar daerah. Maka semua warga yang melintas di wilayah desa diperiksa petugas dari mana mau ke mana,” katanya.

Dalam kegiatan cegah Covid-19 ini, tambahnya, Desa Kembaran melibatkan banyak pihak. Seperti jajaran Forkompimcam Kalikajar, tenaga medis Puskesmas, Bidan Desa, Tim SAR, Satgas Covid-19, Linmas, elemen pemuda dan relawan Bencana Alam desa setempat.

“Semua kendaraan, baik angkutan umum, mobil pribadi, mobil angkutan barang dan pengendara sepeda motor distop. Sopir dan semua penumpang diminta turun, mobil dan sepeda motor disemprot cairan disinfektan, agar semua bersih dan aman bagi masyarakat,” jelasnya.

Dalam gerakan cegah Covid-19 ini, tim juga dibantu ibu-ibu PKK Desa Kembaran yang membantu menyiapkan masker, cuci tangan pakai sabun, hand sanitizier dan konsumsi untuk makan bersama setelah semua aktifitas sosialisasi pencegahan penularan dan penyebaran virus Corona selesai.

Muharno Zarka-Wahyu