blank
KERJA SAMA: Kapolres AKBP Ferry Irawan dan Dandim Letkol (Inf) Ali Mahmudi, bekerja sama memberantas Covid-19. Foto: wahono

BLORA (SUARABARU.ID)– Jajaran Polres, Kodim, Satpol PP, BPBD, dan Instansi terkait lainnya di Blora, Selasa (31/3/2020), melakukan penyemprotan disinfektan massal pada 16 kecamatan di kabupaten paling timur di Provinsi Jateng.

Penyemprotan disinfektan massal ini serentak dilakukan, di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai tindak lanjut dari Maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona (Covid-19).

BACA JUGA : Warga Blora yang Meninggal Akibat Keguguran, Bukan Corona

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan SIK mengatakan, penyemprotan ini bertujuan untuk mencegah merebaknya wabah virus Corona di Kabupaten Blora.

”Polres Blora bersinergi dengan Kodim Blora, BPBD serta jajaran Forkompinda lainnya hari ini serentak menggelar penyemprotan disinfektan massal di seluruh wilayah Kabupaten Blora,” jelas Ferry.

blank
AKBP Ferry Irawan (Kapolres Blora). Foto: wahono

Kapolres membeberkan, dalam penyemprotan masal itu melibatkan seluruh elemen masyarakat dengan mengerahkan 80 kendaraan, meliputi kendaraan operasional BPBD, Kendaraan Dinas Polres Blora, Kodim serta Kendaraan Dinas Polsek Jajaran Polres Blora.

Untuk tingkat Polres dipimpin langsung Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan SIK, bersama Dandim Letkol (Inf) Ali Mahmudi, serta Kepala Pelaksana BPBD Blora Hadi Praseno dan Kepala Satpol PP, Djoko Sulistiyono.

Iring iringan enam kendaraan pemadam kebakaran yang berisi cairan disinfektan, start dari Mapolres Blora melintasi Jalan Raya Blora-Cepu.

Sasaran pertama penyemprotan dilakukan di kawasan Terminal Gagak Rimang Blora. Kapolres beserta Dandim Blora, terlihat duduk di atas Mobil PMK, menyemprotkan disinfektan di kawasan terminal Blora.

Setelah penyemprotan di Terminal Gagak Rimang, penyemprotan dilanjutkan di Jalan Jenderal Sudirman, Pemuda, jalan A. Yani, Mr Iskandar, dan Jalan Gatot Subtoto.

Ada pun kawasan umum yang menjadi tempat berkerumun massa, juga menjadi sasaran penyemprotan, seperti kawasan terminal lama, Blok T, Lapangan Kridosono dan alun-alun, serta tempat fasilitas umum lainnya.

”Penyemprotan dilakukan serentak di 16 kecamatan di Kabupaten Blora. Intinya kita antisipasi bersama, agar virus corona tidak mewabah di Blora,” tandas Kapolres.

blank
KOMPAK: Penanggulangan wabah virus corona dilakukan dengan kompak, bersama beberapa jajaran Forkompimda. Foto: wahono

Bisa Disiplin

Sementara itu, Siti, salah satu pemilik warung di Terminal Gagak Rimang Blora mengaku senang dengan adanya penyemprotan disinfektan ini.

”Alhamdulillah, kami senang dengan adanya penyemprotan ini. Semoga virus Corona segera sirna, jadi bisa kerja lagi seperti biasa,” terang Siti.

Sedangkan untuk tingkat Polsek dipimpin Kapolsek bersama Forkompincam, dengan melakukan penyemprotan di wilayah masing masing.

Seperti diketahui, Polres Blora beserta jajarannya terus melakukan upaya pencegahan merebaknya virus Corona, bersinergi bersama Kodim serta jajaran Pemerintah Kabupaten Blora, untuk melindungi warga, agar terbebas dari virus Corona.

Berbagai kegiatan dilaksanakan, antara lain dengan pendirian pos pemantauan Covid-19 di pintu masuk ke Blora, dan penyemprotan 16 kecamatan, dengan harapan Blora bebas dari Corona.

”Semoga masyarakat bisa disiplin menaati instruksi pemerintah, terkait pencegahan Corona,” tandas Kapolres.

Jadi, lanjutnya, segala upaya yang telah dilakukan tidak sia-sia, dan Kapolres mengajak berdoa bersama untuk Blora agar bebas dari Corona, pungkas Kapolres Blora.

Wahono-Riyan