blank
Petugas penyemprotan cairan disinfektan tengah melakukan penyemprotan di rumah warga RT 07 RW 05 Perum Purnamandala Bumireso Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Kian merebaknya pandemi Covid-19 membuat sejumlah warga di Wonosobo bersatu padu ikut memberantas penularan dan penyebaran virus Corona. Salah satunya dilakukan warga RW 5 Perum Purnamandala Kelurahan Bumireso Wonosobo. Beberapa petugas di RT 01 hingga RT 07, Minggu (29/3) pagi, menyemprotkan cairan disinfektan secara mandiri ke komplek rumah-rumah warga dan fasiltias publik lainnya.

Ketua RW 05 Purnamandala Tri Umpono mengatakan penyemprotan cairan disinfektan dilakukan secara mandiri oleh warga sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap pencegahan penularan covid-19 dan penyebaran virus corona.

“Warga di manapun berada harus kompak dan bergerak menghentikan laju penyebaran dan penularan virus Corona yang semakin kencang. Harus ada gerakan menjadikan Covid-19 sebagai musuh bersama, karena  ancaman virus Corona sudah ada di depan mata,” tegasnya.

Protokol Kesehatan

Penyemprotan yang sama juga dilakukan di jalan protokol menuju komplek Perum Purnamandala, lokasi di seputar Masjid Baitul Mujahidin dan Masjid Sabilul Huda, Pos Kampling, TK Aisyiah Bustanul Atfhal  7, PAUD Mutiara Hati dan fasilitas umum lainnya.

Ketua Takmir Masjid Baitul Mujahidin H Ngumar menambahkan kebijakan social distancing (pembatasan interaksi sosial) juga diterapkan pada jamaah sholat fardlu di kedua masjid. Semua itu dilakukan untuk mengindari kontak tubuh antar jamaah.

“Peserta shalat jamaah di masjid diatur jaraknya.  Jika sebelumnya antar jamaah berjejer dan saling berhimpitan kini di beri jarak kurang lebih satu meter antara satu jamaah dengan jamaah lainnya, ” ujar guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Negeri 1 Selomerto itu.

Karpet yang menutupi lantai, tambahnya, juga sudah dilepas diganti jamaah membawa sajadah sendiri-sendiri dari rumah. Setelah sholat antar jamaah tidak saling berjabat tangan. Setiap selesai sholat lima waktu lantai masjid dibersihkan dan semua jamaah wajib suci tangan menggunakan hand sailnitizer.

Muharno Zarka-trs