blank
Kendaraan taktis BPBD menyemprotkan disinfektan di Wonosobo. Foto: Muharno

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Tim gabungan lintas sektor dibawah komando Kodim 0707/ Wonosobo, Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat kembali bergerak mensterilkan sejumlah lokasi strategis dengan cairan desinfektan, demi mencegah penyebaran virus korona, Sabtu (28/3/2020) malam.

Tak kurang 10 kendaraan, satu kendaraan taktis dari Polda Jateng,  kendaraan Damkar, armada BPBD dan beberapa truk pengangkut pasukan dari Kodim 0707, dikerahkan dalam penyemprotan yang menyasar tiga lokasi utama di Pasar Kertek, Pasar Sumberan dan area Taman Fatmawati itu.

blank
Sejumlah personeil dari berbagai unsur tengah melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke tempat-tempat strategis di Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Jumlah personel yang diterjunkan dalam kegiatan tersebut, menurut Dandim/0707 selaku IC Satgas Covid- 19 Wonosobo mencapai 100 orang, dibagi dalam 3 tim. Mereka terdiri anggota TNI-Polri, relawan BPBD, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan personel beberapa Ormas.

“Demi efektivitas dan efisiensi pekerjaan, tiga tim tersebut ditugaskan ke tiga lokasi yang telah ditentukan dengan dibekali mesin semprot mandiri, tanki air dan obat disinfektan. Kendaraan taktis Polda Jateng yang punya mesin berdaya semprot tinggi melakukan penyemprotan untul mensterilkan jalan-jalan protokol di area Kota Wonosobo hingga wilayah Kertek,” katanya.

Lokasi Strategis

Sedang kendaraan pengangkut air milik Damkar dan BPBD, tambahnya, juga difungsikan untuk menyemprot jalan dan bangunan-bangunan di pinggir jalan yang biasanya ramai dengan warga masyarakat di siang hari.

Terkait pemilihan lokasi, Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo yang turut mendampingi Bupati Eko Purnomo bersama sejumlah pimpinan OPD Pemkab setempat, menambahkan  lokasi strategis seperti pasar diutamakan karena potensi keramaiannya dinilai rawan menjadi media penyebaran dan penularan virus Corona. Selain pasar, Taman Fatmawati di Tawangsari menjadi tempat aktivitas warga, seperti olahraga ringan maupun sekedar berekreasi di Minggu pagi.

“Dengan upaya sterilisasi, yang akan dilakukan secara berkala ini Pemkab Wonosobo optimis potensi penyebaran virus corona di daerah bisa ditekan dan diminimalisasi,” tuturnya.

Terlebih, saat ini, Pemkab setempat diakui Andang juga telah mengedarkan himbauan hingga ke Desa/Kelurahan agar setiap wilayah Kampung/Dusun dan  RT/RW dapat melakukan upaya sterilisasi secara mandiri. Warga di lingkungan masing-masing harus aktif berperan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang kini telah menginfeksi lebih dari 500 ribu orang di seluruh dunia tersebut.

 Muharno Zarka-trs