blank
Konser online #dirumahaja

Oleh Christiana Ivana Juniarti

KOLABORASI semangat, mengampanyekan gerakan, saling menguatkan, dan mencari solusi terasa dari diluncurkannya tagar #dirumahaja, yang didukung oleh Najwa Shihab bersama 30-an musisi dalam melawan persebaran virus Corona.

Lagu hits God Bless, “Rumah Kita”, yang populer pada 1970-an pun menggema sebagai ajakan yang menyentuh. Dan, ada sisi lain, inilah realitas fungsi positif ketika sebuah platform media sosial dimanfaatkan untuk tujuan kepentingan bersama.

Ya, tak bisa diingkari, media sosial yang lekat dengan kehidupan sehari-hari, sangat berguna bagi setiap orang, tanpa mengenal sekat usia. Terutama untuk mencari dan berbagi informasi. Dengan smart phone, berbagai platform seperti Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp, dan lain sebagainya dapat kita akses.

Media sosial dapat berdampak buruk apabila kita salah menggunakan. Sebaliknya, berdampak positif, membuat citra baik, jika dimanfaatkan dengan bijak.

Social Distancing

Hari-hari ini masyarakat dunia masih menghadapi keprihatinan karena pandemi virus Corona, yang pertama kali muncul dan mewabah di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok, tepatnya sejak akhir Desember 2019.

Infeksi yang bergejala mirip pneumonia tersebut diyakini berasal dari pasar hewan dan ikan laut di Wuhan. Data statistik John Hopkins University di Amerika Serikat menunjukkan, hampir 82 persen dari sekitar 75.000 kasus Covid-19 berasal dari kawasan ini. Dengan kata lain, kota inilah episentrumnya.

Kajian para peneliti China, yang diterbitkan oleh jurnal medis The Lancet, mengklaim kasus pertama Corona terjadi pada 1 Desember, jauh lebih awal dari keterangan resmi pemerintah.

Persebaran kemudian merambat ke seluruh dunia. Kasus pertama di Indonesia menimpa dua warga Depok, Jawa Barat, yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020. Keduanya diduga tertular virus karena kontak dengan seorang warga negara Jepang yang datang ke Indonesia setelah dari Malaysia.

Penyebaran virus makin meluas dan banyak menelan korban jiwa di Indonesia. Akhirnya pada Senin (16/3/2020), Presiden Jokowi menegaskan kebijakan agar masyarakat beraktivitas produktif di rumah, dan menjaga jarak sosial (social distancing) selama 14 hari.

Bagian dari Ikhtiar

Kebijakan belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan ibadah di rumah dimaksudkan untuk menekan penyebaran virus. Social distancing yang belakangan diganti dengan istilah physical distancing diyakini menjadi bagian dari ikhtiar mencari solusi mengurangi persebaran virus, karena sampai saat ini belum ada vaksin yang ditemukan.

Masyarakat diminta tetap tinggal di rumah, kecuali jika ada keperluan mendesak. Kini dibuat tagar #dirumahaja. Menurut medis, masa 14 hari itu terkait dengan masa inkubasi virus Corona, yang diharapkan dapat meminimalkan persebarannya.

Elemen-elemen masyarakat diajak mengampanyekan kebijakan pemerintah tersebut. Sederet artis — termasuk para penyanyi — pun menggelar gerakan #dirumahaja, diantaranya mengingatkan untuk menjaga hidup sehat, seperti sering-sering mencuci tangan dengan benar sesuai anjuran World Health Organization (WHO).

Presenter televisi Najwa Shihab dan Narasi TV  bersama puluhan musisi menunjukkan kepedulian dengan menggelar Konser Musik #dirumahaja. Mereka berkampanye melalui unggahan di Instagram Narasi TV dengan lagu God Bless, “Rumah Kita”.

Dalam video tersebut, setiap musisi bergantian menyanyikan penggalan demi penggalan lirik lagu “Rumah Kita”. Di antara 30 orang yang terlibat adalah Achmad Albar, Ari Lasso, Aldi Maldini, Anji, Andien, Tantri Kotak, Aurelie Moeremans, Yura Yunita, Tulus, Endah Widia Astuti, Raisa, Lea Simanjuntak, dan Dira Sugandi.

Tak ketinggalan pula Indra Bekti dan Gautama, Vidi Aldiano, Afghan, Rossa, Ariel Noah, Winky Wiryawan, Kaka Slank, Ridho Slank, Tompi, Asti Ananta, Glenn Fredly, Armand Maulana, Bebi Romeo, Stevie Item dari Andra and the Backbones dan Deadsquad, Cholil Efek Rumah Kaca, Kunto Aji, Yuni Shara, Anggun C Sasmi, SABA, Widi Mulia & the Sasonos, hingga Fiera Besari.

Penggalangan dana dibuka sejak 20 Maret 2020 sampai 23 hari ke depan. Sejauh ini donasi sudah terkumpul sebesar Rp 100 juta lebih dari target Rp 1 miliar.

Najwa Shihab meminta kita saling menguatkan, dan saling menghibur. Putri ulama kondang Quraish Shihab itu, bersama para musisi, mempersembahkan konser ini untuk kita yang tidak punya pilihan di rumah saja, yang harus berjuang di luar, untuk selalu menjaga rumah kita semua.

(Sumber: BBC News, https://www.bbc.com/indonesia/amp/indonesia-51906764, Liputan 6, https://m.liputan6.com/amp/4208619/solidaritas-najwa-shihab-dan-musisi-indonesia-lewat-konser-musik-dirumahaja-untuk-cegah-corona).

Christiana Ivana Juniarti, mahasiswa Fiskom, UKSW