Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Winarno, sedang melakukan pemantapan kepada petugas screening.(FOTO:SB/Agung)

KENDAL(SUARABARU.ID) – Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kendal melakukan screening kesehatan di empat titik perbatasan Kabupaten Kendal dengan melibatkan pihak Kepolisian, TNI, Dishub, Satpol PP dan Tim Kesehatan dari Puskesmas, Kamis(26/3).

Adapun empat titik yang dilakukan screening yaitu di Desa Campurejo Kecamatan Boja, Desa Gondang Kecamatan Limbangan, Desa Tirtomulyo Kecamtan Plantungan, dan Desa Pagersari Kecamatan Patean.

Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Winarno, mengatakan, screening atau deteksi dini dari suatu penyakit yang dilakukan ini, merupakan langkah Pemerintah Kambupaten Kendal untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Screening ini diberlakukan kepada seluruh masyarakat yang memasuki Kabupaten Kendal baik pengendara sepeda motor maupun mobil diperiksa suhu tubuh.

“Screening berlaku untuk semua masyarakat yang masuk akan masuk Kabupaten Kendal. Apabila suhu tubuh melebihi batas toleransi 37 derajat akan segera didata.

Kemudian jika yang bersangkutan orang Kendal akan dilakukan pendampingan oleh Puskesmas daerah orang teresebut, namun bila warga daerah lain akan dikoordinasikan kepada DKK daerah asal,” kata Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Winarno.

Salah satu pengendara sepeda motor, Satrio Windu Laksono mengatakan, dirinya merasa terbantu dengan adanya pengecekan yang dilakukan oleh Pemerintah Kendal. Hal ini lantaran sebagai warga yang bekerja di luar rumah, tidak mengetahui kondisi orang di sekitar.

“Saya yang kerja di jalan merasa terbantu dengan adanya pengecekan ini, karena penumpang yang kita bawa juga kan tidak tahu sehat atau tidak. Apalagi saya sering lintas kota jalur Bandungan-Kendal,” jelas Satrio Windu Laksono.

Disisi lain kegiatan screening yang dilakukan di empat titik lokasi tersebut berlangsung selama tiga jam sejak pukul 08.00 WIB. Selama waktu pengecekan, rata-rata warga memiliki suhu 35 sampai 36,7 derajat.

Namun sempat tercatat warga yang memiliki suhu 37 hingga 38 derajat dan langsung dilakukan pendampingan.

Agung-mm