Bagikan
KA Sancaka Utara jurusan Surabaya-Kutoarjo PP via Stasiun Gambringan-Gundih juga dibatalkan perjalanannya hingga tanggal 30 April 2020. Foto : hana /dok.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT (Persero) KAI Daop IV melakukan pembatalan sejumlah perjalanan kereta api dari berbagai jurusan yang berangkat dari Semarang. Empat KA dibatalkan keberangkatannya per 1-30 April 2020. Hal ini ditetapkan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Manajer Humas PT KAI Daop IV, Krisbiyantoro menjelaskan, keempat KA tersebut antara lain, KA Argo Muria, KA Cermai, KA Menoreh dan Tawang Jaya. Sebelumnya, keempat kereta ini melayani penumpang yang menuju ke Jakarta dari Semarang.

“Kereta Daop IV yang dibatalkan yaitu KA Argo Muria pukul 16.00 WIB, KA Cermai pukul 19.00 WIB, KA Menoreh pukul 08.00 WIB, dan KA Tawangjaya pukul 13.29 WIB. Tiga KA diantaranya jurusan ke Jakarta dan satu KA yakni KA Cermai jurusan ke Bandung,” jelas Krisbiyantoro dalam keterangan rilisnya, Kamis (26/3/2020).

Sementara waktu hingga tanggal 30 April 2020, Stasiun Gambringan di Kabupaten Grobogan tidak melayani pemberangkatan penumpang KA Sancaka Utara jurusan Kutoarjo, Solo, Jogja dan Surabaya. Foto : Hana Eswe.

Sejumlah KA lain yang melintas di wilayah Daop IV, baik dari Surabaya, Jakarta maupun Kutoarjo juga dibatalkan mulai tanggal 26 Maret – 30 April. Yakni KA Sembrani tujuan Surabaya keberangkatan pukul 01.21 WIB dan tujuan Jakarta pukul 21. 45 WIB. KA Gumarang keberangkatan pukul 20.07 tujuan Jakarta dan pukul 22.45 jurusan Surabaya.

“Untuk KA Sancaka Utara jurusan Surabaya-Kutoarjo melewati Stasiun Gundih dan Gambringan juga dibatalkan mulai tanggal 1-30 April 2020 yakni keberangkatan 10.43 dari Gambringan tujuan Kutoarjo, dan keberangkatan 21.00 dari Gambringan tujuan Surabaya,” kata Kris, sapaan akrabnya.

Adanya pembayalan perjalanan sejumlah KA tersebut, pengguna jasa KAI yang telah mempunyai tiket mendapat pengembalian bea penuh 100 persen dengan ketentuan berlaku.

“Administrasi pembatalan tiket dapat dilakukan di loket stasiun Tawang, Poncol, Tegal, Pekalongan dan Cepu. Meski demikian, ada sejumlah KA lain yang masih melakukan operasionalnya di wilayah PT KAI Daop IV Semarang. Kami PT KAI khususnya Daop 4 Semarang mohon maaf sebesar-besarnya atas pembatalan perjalanan kereta api. Hal ini semata untuk kebaikan kita bersama,” tutup Kris.

Hana Eswe-trs

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here