Bagikan
Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi dan Kapolres AKBP Christian Tobing (kedua dan ketiga dari kanan), memimpin tim gabungan gugus percepatan penanganan corona. Yakni mensosialisasikan social distancing dan penyemprotan di sejumlah titik keramaian masyarakat.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tim gabungan dari gugus tugas percepatan penanganan wabah virus corona Wonogiri, membubarkan kerumunan tongkrongan anak muda yang begadang. Ini dilakukan, bersamaan dengan patroli yang digelar Selasa malam (24/3) sampai Rabu dinihari (25/3).

Sebelum melaksanakan patroli, lebih dulu diawali apel kesiapsigaan yang dipimpin Kabag Ops Polres Wonogiri, Kompol Agus Pamungkas. Apel digelar di depan Pendapa Kabupaten Wonogiri. Hadir dalam kesempatan itu, Kapolres AKBP Christian Tobing SIK, MH, MSi, Dandim 0728 Letkol (Inf) Imron Masyhadi SE, Kepala Satpol-PP Waluyo SSos, MM dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Drs Bambang Hariyanto MM.

Peserta apel terdiri atas peleton V dipimpin Iptu Sukiyatno SH dan Ipda Sutarto. Peleton Sabhara dipimpin Ipda Sri Agung serta Piket Pawas Iptu Sam’ut.  Berikut peleton dari Kodim 0728 dan Satpol-PP Pemkabn Wonogiri.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi dan Kapolres AKBP Christian Tobing (kanan depan menghadap lensa), memberikan pengarahan kepada personel tim gabungan yang akan melakukan patroli malam.

Mata Rantai
Patroli gabungan kali  ini, fokus menyampaikanan materi tentang perlunya mematuhi social distancing ke masyarakat. Yakni tindakan menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak antarmanusia, menghindari pertemuan yang melibatkan banyak orang, dan penekanan agar tinggal di rumah. Serangkaian langkah ini, diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran wabah Corona Virus Disease (Covid)-19.

Sasaran patroli diarahkan pada kumpulan orang yang tongkrongan begadang. Patroli mengambil start dari pendapa Kabupaten Wonogiri menuju ke bangjo Ponten, Kedai Kopi Toejoe Toejoe, Klampisan, Pringondani Wonokarto, Gudang Seng, Tugu Kalpataru. Kemudian dilanjut menuju rumah karaoke Safire dan Permadani di Desa Sendang tepi barat perairan Waduk Gajahmungkur Wonogiri.

Di sepanjang perjalanan route patroli, tim gabungan juga menyampaikan sosialisasi tentang pentingnya tindakan social distancing kepada masyarakat. Ini diberikan oleh jajaran Sat Binmas Polres Wonogiri pimpinan Kasat Binmas AKP Surono.

Kepala Satpol-PP Wonogiri, Waluyo (kanan) mendampingi Kapolres AKBP Christian Tobing, ketika melakukan pemahaman social distancing ke Pasar Kota Wonogiri.

Tempat Hiburan
Tim menyampaikan sambutan positif kepada pengelola rumah karaoke, yang telah mematuhi anjuran untuk menutup tempat hiburan malam tersebut, sebagai upaya pencegahan wabah virus corona. Tim gabungan melakukan tindakan pembubaran kumpulan anak muda yang nongkrong begadang.

Langkah pembubaran, dilakukan setelah kepada mereka dipahamkan tentang pentingnya mendukung langkah pemerintah tentang pencegahan wabah penyakit infeksi mematikan yang disebabkan oleh Covid-19.

Sebelumnya, Selasa pagi (24/3), Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing bersama Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi, memimpin langsung penyemprotan disinfektan di sejumlah titik pusat keramaian masyarakat Kota Wonogiri. Yakni di Pasar Kota Wonogiri, Terminal Angkot dan juga di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 2B Wonogiri.

Para pimpinan tim gabungan dari gugus percepatan penanganan corona Wonogiri, saat melakukan tugas ke Rutan Kelas 2B Wonogiri.

Penyemprotan Disinfektan
Ikut terlibat dalam langkah penyemprotan ini, Kepala Satpol-PP, Waluyo, dan Kepala Dinkes, Dokter Adhi Dharma MM, serta Kepala Markas PMI Wonogiri, Warjo. Bersamaan itu, juga disampaikan pemahaman tentang pentingnya masyarakat mematuhi anjuran tentang social distancing, dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kepada masyarakat diseru untuk mengambil langkah-langkah sebagaimana anjuran pemerintah, sebagai partisipasi dalam menyikapi wabah virus corona. Yakni membudidayakan gerakan masyarakat (Germas) tentang Perlilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), rajin mencuci tangan pakai sabun, dan bila terasa sakit segera periksa ke layanan kesehatan (Yankes) terdekat atau ke dokter.

Bambang Pur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here