Ilustrasi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus memastikan jadwal pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Kudus mundur dari jadwal semestinya 25 Maret 2020. Pengunduran jadwal tersebut  dampak dari mewabahnya Corona.

Saat ini Pemkab Kudus sudah mengumumkan sebanyak 970 peserta pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Kudus lolos tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Untuk selanjutnya mereka akan menjalani tes seleksi kompetesi bidang (SKB).

Hanya, pelaksanaan tes yang sebelumnya terjadwal dimulai pada 25 Maret 2020 besok, akan ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan. Dikarenakan virus corona yang tengah mewabah di Indonesia.

Kepala bidang Pengembangan dan Pendikan Pelatihan pada BKPP Kudus, Tulus Tri Yatmika  mengungkapkan, sejauh ini pihaknya belum menerima instruksi lanjutan dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) terkait pelaksanaan SKB.

“Untuk sementara kami akan umumkan terlebih dahulu hasilnya, sembari menunggu instruksi dari Panselnas,” katanya, Selasa (24/3).

Tulus juga menambahkan, belum ada opsi lanjutan lain terkait teknis dan lokasi pelaksanaan SKB. Rencana awal pelaksanaan SKB Pemkab Kudus akan dilaksanakan di Kota Surakarta.

Namun, jika melihat kondisi saat ini, sangat tidak mungkin tes SKB dilaksanakan dalam waktu dekat. Terlebih Solo kini berstatus kejadian luar biasa (KLB) Covid-19. “Sementara belum ada opsi lainnya, kami menunggu dari panselnas,” katanya.

Meski demikian, para peserta yang lolos tes SKD diimbau memantau pengumuman yang sewaktu-waktu bisa datang. Kondisi fisik serta psikis dari para peserta juga diharapkan bisa dijaga masing-masing.

“Tetap jaga kesehatan, tetap fokus saja, jika ada pengumuman akan segera kami publikasi,” terangnya.

Total jumlah pelamar CPNS di Pemkab Kudus tahun 2019 sendiri berjumlah 8.263 orang. Dari jumlah tersebut, ada sebanyak 7.686 orang yang dinyatakan lolos administrasi.

Sedang 665 orang lain dinyatakan tidak lolos seleksi. Yang selanjutnya ada 204 pelamar yang mengajukan sanggah dan hanya tiga pelamar saja yang diterima sanggahannya.  Sehingga pelamar yang lolos aministrasi berjumlah 7.689 orang.

Tahun ini Pemkab Kudus membuka 382 fomasi. Terdiri formasi umum sebanyak 355, disabilitas sebanyak 9 dan clumlaude sebanyak 18 kursi.

Tm-ab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here