blank
Bupati Demak beserta Forkopimda ketika mendatangi Pasar Bintoro, Demak.(Foto: sb/rudy)

DEMAK (SUARABARU.ID) – Bupati Demak, HM Natsir bersama Forkopimda melakukan sosialisasi  pecegahan covid-19 dan pantauan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional Bintoro dan Mranggen, Selasa (24/3).

Bupati yang didampingi Kapolres Demak AKBP. R. Fidelis Purna Timuranto, Dandim 0716 Letkol Arh. M Ufiz, Kajari dan Ketua PN Demak, mensosialisasikan pola hidup sehat kepada komunitas pasar  sebagai upaya pencegahan virus corona.

Berada di lantai dua Pasar Bintoro, Bupati HM Natsir dengan pengeras suara mengimbau para pedagang dan pengunjung pasar untuk menjaga kebersihan.

“Bagi warga komunitas pasar untuk selalu menjaga kebersihan dengan sesering mungkin cuci tangan, kurangi keluar rumah untuk urusan yang tidak penting, lebih baik berdiam diri di rumah agar tidak tertular virus vorona’’.

‘’Pihak Dinas Perdagangan dan UKM telah menyediakan air dan sabun cuci tangan di setiap sudut pasar, mohon dapat digunakan setiap saat.”

” Pedagang dimohon juga menyediakan tempat cuci tangan secara mandiri di masing-masing kios atau lapak untuk digunakan bersama konsumen yang belanja,” imbau Bupati.

Selanjutnya beberapa petugas kesehatan lapangan dibantu personel Kodim 0716 Demak, membagikan masker gratis kepada masyarakat yang berada di pasar.

Kemudian dilanjut penyemprotan di jalan lingkungan pasar yang menjadi mobilitas umum jual beli dan transaksi.  Adapun tempat-tempat yang disinyalir menjadi titik kumpul seperti lokasi parkir kendaraan, lorong kios, teras kios, tiang, dinding, serta toilet menjadi sasaran sterilisasi desinfektan.

blank
Petugas tengah membagikan masker secara cuma-cuma kepada masyarakat.(foto: sb/rydy)

Satgas Pangan

Kapolres Demak, AKBP R Fidelis Purna Timuranto saat mendampingi Bupati mengatakan, untuk penanganan covid-19 harus melibatkan stake holder terkait.

Tidak bisa hanya satu dinas atau lembaga. Pihak Polri menurunkan satgas pangan untuk mengambil langkah-langkah pengamanan untuk menjamin ketersediaan bahan pokok serta menjamin kelancaran pendistribusianya.

Ditambahkan, langkah yang diambil Polri ini merupakan tindak lanjut rujukan Kabareskrim Polri tentang perintah pengamanan ketersediaan bahan pokok penting dan komoditas penting lainya.

Rudy/mm