blank
Ketua Bawaslu RI Abhan duduk paling tengah di acara Grand Opening Pengawasan Berbasis Video Conference (Vidcon) di Kantor Bawaslu Kendal.(FOTO:SB/Agung)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Ketua Bawaslu RI Abhan menghadiri acara Grand Opening Pengawasan Berbasis Video Conference (Vidcon) Bawaslu Kabupaten Kendal, Senin (24/3)di Jl. Kyai Gembyang No. 23 Kendal.

Program Pengawasan Berbasis Vidcon ini merupakan langkah Bawaslu Kendal tetap melakukan kegiatan dalam suasana Indonesia pendemi Virus Corona atau Covid-19.

Dalam grand opening ini, Abhan menyampaikan arahan kepada seluruh jajaran Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Kendal melalui teknologi informasi audio dan video. Pusat grand opening di Kantor Bawaslu Jl. Kyai Gembyang No. 23 Kendal, sedangkan dua puluh Panwaslu Kecamatan di kantor kecamatan masing-masing.

“Vidcon ini salah satu langkah terbaik yang bisa kita tempuh dalam suasana pendemi Corona. Kita terapkan protokal kesehatan sebagaimana himbauan pemerintah. Membatasi pertemuan banyak orang dengan tetap melaksanakan pekerjaan kita,” kata Ketua Bawaslu RI Abhan.

Abhan meminta kepada fungsionaris Bawaslu kabupaten untuk menerapkan jawal piket di masing-masing kantor.

“Kami Instruksikan bahwa di kantor harus ada yang jaga. Kalau bisa piket secara sift. Prinsipnya tidak berkumpul terlalu banyak orang dan jangan sampai terakumulasi lebih dari sepuluh orang,” pinta Abhan.

Selain pengaturan jadwal piket dan menjaga prosedural SOP kesehatan, Abhan juga menyampaikan giat pengawasan saat ini. Apalagi setelah KPU mengeluarkan surat edaran(SE) menghentikan sementara pelanikan PPS di berbagai tempat, verfak dukungan perseorangan dan coklit mutarlih.

“Verfak dukungan calon perseoranan di Kendal tidak ada, tidak masalah. Pada tahap coklit mutarlih semua yang ada Pilkada akan melakukan semua. KPU sudah menghentikan sementara dan kita tidak tahu kapan akan dilakukan lagi. Maka, sementara, rekan-rekan menunggu instruksi kami lebih lanjut,”terang Abhan.

Grand opening lewat dunia maya ini dihadiri seluruh jajaran pimpinan Bawaslu Kendal yaitu Odilia Amy Wardayani, Achmad Ghozali, Arief Musthofifin, Firman T. Sudibyo dan Ubaidillah, serta koordinator sekretariat Sri Wahyuning.

“Mudah-mudahan, wabah Covid-19 segera selesai,” tutup Abhan.Agung-mm