blank
Rektor IAINU Kebumen Imam Satibi dan Ketua PMI Sabar Irianto serta Ketua Yayasan Makruf Widodo berada di depan kampus sebelum penyemprotan disinfektan.(Foto:SB/Ist}

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Seluruh ruangan dan aktivitas mahasiswa IAINU Kebumen di Jalan Tentara Pelajar 55B mulai Kamis (26/3) ditutup. Sedangkan perkuliahan daring atau virtual sejak 15/3 akan diperpanjang sampai 30 April dengan meminta dosen tetap memberikan kuliah on line dari rumah.

Bahkan mahasiswa yang masih tinggal di Rusunawa Kompleks Kampus IAINU Kebumen  juga diminta pulang. Pasalnya, asrama mahasiswa yang juga menjadi Pondok Pesantren An Nahdhah bantuan Kemenag RI tersebut  juga mulai dikosongkan.

Rektor IAINU Kebumen Dr H Imam Satibi MPdI Selasa (24/3) mengungkapkan, pihaknya telah mengeluarkan Surat Edaran yang ditujukan kepada civitas akademika baik staf pengajar, karyawan serta seluruh mahasiswa. Dengan mempertimbangkan situasi penyebaran Covid-19 yang semakin akut dan masif serta sebagai langkah pengendalian, maka IAINU Kebumen membuat kebijakan social distancing dan physical distancing secara total.

Pihaknya juga akan menutup seluruh ruangan dan aktivitas mahasiswa. Pintu gerbang kampus akan ditutup dan hanya dilayani dari depan, kecuali layanan perpustakaan bagi mahasiswa semester 8 dengan menujukkan kartu tanda mahasiswa.

Namun Imam menjelaskan, untuk pelayanan kampus off line yang meliputi pembayaran, pendaftaran mahasiswa baru (PMB) dan perpustakaan dilayani pada hari Senin-Kamis pada Pukul 09.00-14.000WIB. Sedangkan pelayanan on line mahasiswa di setiap fakultas dilayani tanpa batas.

blank
Sukarelawan PMI Kebumen menyemprotkan disinfektan di kampus Pascasarjana IAINU Kebumen.(Foto:SB/Ist)

Kepada para dosen diimbau untuk tetap aktif melakukan layanan akademik dan konsultasi  bimbingan serta evaluasi secara virtual. Guna menunjang layanan akan ditetapkan nomor WA dan email kampus hotline.

Menurut Rektor, selama masa tersebut sistem piket bagi karyawan akan diberlakukan guna menjaga fungsi-fungsi layanan agar tetap berjalan. Sterilisasi kampus IAINU Kebumen itu akan diberlakukan mulai 26 Maret-30 April.

“Keputusan akan kami tinjau kembali dengan mempertimbangkan situasi regional dan nasional serta mengikuti kebijakan Pemerintah. Kami harap kebijakan ini dimaklumi demi kebaikan bersama segenap civitas akademika, baik para dosen, karyawan serta mahasiswa,”ujar Rektor.

Komper Wardopo