blank
Salah satu petugas Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unsiq Jateng di Wonosobo siap melayani pendaftar calon mahasiswa baru secara offline maupun online. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Aktifitas perkuliahan tatap muka di Universitas Sains Al Quran (Unsiq) Jawa Tengah di Wonosobo, sejak Selasa (17/3) hingga Senin (30/3) mendatang diliburkan. Gantinya, seluruh kegiatan perkuliahan mahasiswa berlangsung secara online.

Kebijakan tersebut diambil berdasarkan rapat bersama antara pihak Yayasan Pendidikan Ilmu-Ilmu Al Quran (YPIIQ) dengan Pimpinan Unsiq, Senin (16/3), guna mensikapi pandemi virus Corona yang kini telah memunculkan kepanikan global di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Meski kegiatan akademik perkuliahan di kampus diliburkan, Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2020/2021 Unsiq Jateng di Wonosobo, tetap buka, baik secara offline di kampus Jl KH Hasyim Asy’ari Km 3 Kalibeber Mojotengah Wonosobo maupun online melalui internet/android.

Ketua PMB Unsiq Jateng di Wonosobo, Drs H Samsul Munir Amin MA, Senin (23/3), mengatakan tetap dibukanya penerimaan calon mahasiswa baru di tengah social distancing (pembatasan sosial) untuk memberikan kesempatan lulusan SMA/MA/SMK/PDF Pondok Pesantren dan Kejar Paket C dari luar daerah, segera mendaftar sebagai calon mahasiswa baru Unsiq Jateng di Wonosobo.

“Hanya setiap pendaftar calon mahasiswa ketika mau masuk kampus harus mengikuti pengukuran suhu tubuh yang dilakukan petugas. Jika suhu tubuh normal diperkenankan masuk komplek kampus namun jika suhu tubuh di atas normal tidak diperbolehkan masuk area kampus. Ini kebijakan selama masa social distancing masih berlaku,” tegasnya.

Informasi PMB

blank
Ketua PMB Unsiq Jateng di Wonosobo, Drs H Samsul Munir Amin MA. Foto : SB/Muharno Zarka0

H Abdul Munir Amin berharap, meski PMB Unsiq Jateng di Wonosobo tetap buka secara offline, demi menjaga keamanan diri dari ancaman penularan virus Corona, pendaftar calon mahasiswa baru sebaiknya mendaftar online melalui www.pmb.unsiq.ac.id. Semua informasi seputar PMB di Unsiq Jateng di Wonosobo tersaji di laman dunia maya tersebut.

“Bagi pendaftar yang datang langsung ke kampus Unsiq, bisa memilih layanan one day service, sehingga proses pendaftaran, test masuk dan pengumuman bisa langsung diketahui hari itu juga. Karena setelah mendaftar, calon mahasiswa baru langsung mengikuti test berbasis komputer dan wawancara,” sebutnya.

Sampai saat ini, menurutnya, calon mahasiswa baru yang sudah mendaftar di Unsiq Jateng di Wonosobo mencapai 600 orang. Pendaftaran Gelombang I mulai Februari-Mei, Gelombang II Juni-Juli dan Gelombang III Agustus 2020. Test masuk secara serentak digelar tiga kali 4 Juni, 4 Agustus dan 5 September 2020. Pendaftaran offline dibuka setiap hari kerja mulai jam 08.00 WIB hingga pukul 13.30 WIB.

“Khusus calon mahasiswa berprestasi, baik di bidang akademik, keagamaan, seni, olah raga, Hafidz dan Hafidzoh akan mendapatkan beasiswa. Unsiq juga menyediakan beasiswa Bidikmisi dan Prestasi Peningkatan Akademik (PPA) dari pemerintah,” jelas pria yang juga menjabat Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Unsiq Jateng di Wonosobo itu.

Muharno Zarka-Wahyu