AC Konslet, Nyaris Ludeskan Rumah Mewah di Kota Tegal

850
0
blank
PANTAU - Kapolsek Tegal Barat Kompol Sugeng memantau proses pemadaman api yang nyaris membakar rumah mewah (gambar kiri). Pendiringin ruangan yang rusak parah akibat hubungan arus pendek.

TEGAL (SUARABARU.ID) – Diduga gara-gara pendingin ruangan (AC) mengalami hubungan arus pendek (konslet), sehingga menimbulkan bunga api dan nyaris meludeskan rumah mewah dua lantai, Senin (23/3), sekitar pukul 12.20 WIB. Rumah tersebut adalah milik Rano Efendi (30), warga Jalan Bawal Barat, RT 5 RW III, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat.

Menurut keterangan saksi mata, Subur (53),pertama kali tidak sengaja melihat kepulan asap tebal. Bahkan, asap tersebut bersumber dari lantai dua rumah mewah yang dalam kondisi kosong karena pemiliknya sedang tidak di rumah saat terjadi kebakaran.

Baca juga :
BOLA-BOLA: Merumuskan Keadilan bagi Liverpool
Lika-Liku Tenaga Dalam: Ilmu Perlindungan Diri

“Waktu lewat di dekat tempat kejadian, lihat kepulan asap dari lantai dua dan langsung ngasih tahu warga sekitar,” ujar warga Jalan Brawijaya RT 4 RW III, Kelurahan Muarareja ini.

Keterangan serupa, juga dikatakan Arid Aditya (29), saksi lain yang juga merupakan warga Jalan Bawal Barat RT 6 RW III A Kelurahan Tegalsari. Menurutnya, kepulan asap dari atap lantai dua rumah tersebut semakin tebal sehingga warga sekitar bernisiatif memadamkan.

“Karena takut api akan semakin membesar dan merembet, akhirnya warga kompak menjebol pintu rumah untuk memadamkan sumber api dengan alat seadanya,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Tegal Barat Kompol Sugeng sesaat setelah menerima informasi tersebut langsung mendatangi tempat kejadian. Terlebih, sejumlah warga yang sudah melaporkan kejadian tersebut ke Mapolsek juga langsung meminta bantuan personel Pemadam Kebakaran. “Beruntung, api dengan cepat bisa dipadamkan kurang dari satu jam (sekitar pukul 13.03 WIB-red) dan tidak ada korban jiwa,” jelasnya.

Lebih lanjut Kapolsek menambahkan, pihaknya memberikan apresiasi penuh kepada Tim Pemadam Kebakaran yang segera merespon panggilan darurat warga. Termasuk, masyarakat sekitar lokasi sudah berpartisipasi memadamkan kebakaran agar tidak merembet mengingat sumber api di tengah padat permukiman. Bahkan, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar lebih teliti memeriksa semua alat listrik sebelum meninggalkan rumah.

Akbar Budi