blank
Kylian Mbappe/dok

MADRID (SUARABARU.ID) – Bagi banyak orang, Lionel Messi adalah pemain terbaik di dunia. Namun, dalam daftar pemain dengan nilai tertinggi saat ini yang disusun Marca, Messi tak ada di lima besar. Liga-liga top di Eropa memang sedang ditangguhkan karena pandemi virus korona.

Namun, bursa transfer masih layak jadi perhatian dengan sejumlah nama besar yang masa depannya dispekulasikan. Soal nilai pemain saat ini, menurut Transfermarkt, Messi bukan yang paling berharga. Bintang Barcelona itu hanya menempati peringkat kedelapan.

Pada posisi ke-10 diisi penyerang Barcelona Antoine Griezmann. Pemain asal Prancis ini dihargai 120 juta euro (Rp 2 triliun). Jumlah itu sama dengan harga yang dibayarkan Barca saat memboyongnya dari Atletico Madrid.

Peringkat kesembilan ditempati Jadon Sancho, pemain sayap Borussia Dortmund. Bintang muda Inggris ini juga dibanderol 120 juta euro. Dia diprediksi bakal menjadi salah satu pemain yang meramaikan bursa transfer musim panas nanti.

Messi menduduki urutan kesembulan. Dia dihargai 140 juta euro (Rp 2,3 triliun). Klausul pelepasan La Pulga memang luar biasa, yakni 700 juta euro.

Posisi berikutnya diduduki Kevin de Bruyne (Manchester City/150 juta euro/Rp 2,5 triliun), Harry Kane (Tottenham Hotspur/150 juta euro), Mohamed Salah (Liverpool/150 juta euro), Sadio Mane (Liverpool/150 juta euro), Neymar Junior (Paris Saint-Germain/160 juta euro), dan Raheem Sterling (Manchester City/160 juta euro).

Sementara pemain paling bernilai saat ini adalah Kylian Mbappe. Penyerang Paris Saint-Germain berusia 21 tahun ini dibanderol 200 juta euro (Rp 3,3 triliun). Mbappe sangat diminati Real Madrid, tapi Les Parisiens mati-matian untuk menjaganya. (rr)