blank
Anak-anak Desa Kedungsari, Kecamatan Gebog asyik membaca buku perpustakaan kelilling yang didatangkan Satgas TMMD. foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Langkah positif dilakukan Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Kudus ke-107 .  Para prajurit Angkatan Darat ini menyiapkan perpustakaan keliling untuk belajar anak-anak di saat sekolah mereka diliburkan sebagai antisipasi penyebaran Covid-19.

Dengan puluhan buku pelajaran dan buku bacaan ringan yang diletakkan dalam boks motor roda tiga, tim Satgas TMMD menyasar kawasan pemukiman warga. Tak ayal, kehadiran perpustakaan keliling ini langsung disambut antusias anak-anak.

Serda Suris, salah satu anggota Satgas TMMD ke-107 Kodim 0722/Kudus menjelaskan jika, penyediaan perpustakaan keliling tersebut, ditujukan untuk membantu anak-anak di Desa Kedungsari yang saat ini tengah menjalani masa belajar di rumah.

Suris menambahkan, perpustakaan Keliling tersebut sangat diminati oleh anak-anak yang ada di desa tersebut.  Terutama bacaan-bacaan yang disertai dengan gambar penjelas. “Mereka sangat tertarik pada buku-buku pelajaran yang kami sediakan,” lanjutnya.

Pembuatan perpustakaan keliling ini salah satunya sebagai tindaklanjut kebijakan peliburan semua sekolah di Kudus akibat virus Corona.  Melalui perpustakaan keliling ini, diharapkan juga mengurangi kecanduaan anak pada penggunaan gadget yang berlebihan.

“Tak hanya membuat anak-anak malas untuk membaca dan bamun bisa berdampak negatif lagi, inilah yang ingin kami ubah sedikit demi sediki,” jelasnya.

Pihaknya pun berharap dengan adanya perpustakaan keliling di TMMD Kedungsari ini, minat baca anak-anak Desa Kedungsari bisa semakin meningkat. Karena menurutnya,  membaca merupakan jendela pengetahuan.

“Dengan banyak membaca maka akan mendapatkan pengetahuan dan membuka cakrawala dalam diri untuk mampu berkarya bagi sesama,” terangnya.

Sementara Dandim 0722/Kudus, Letkol Arm Irwansyah mengatakan, satgas yang telah dilepas sudah mulai melaksanakan kegiatan fisik maupun non fisik di lokasi TMMD. Yakni pembangunan jalan atau betonisasi jalan dengan panjang 900 meter di Desa Kedungsari.

Sementara sasaran nonfisik pada TMMD Regular ke 107 antara lain sosialisasi pemberdayaan masyarakat, sosialisasi infrastruktur dan pengelolahan sampah.

Selain itu, sosialisasi usaha kecil dan menengah, sosialisasi kamtibmas, hingga penyuluhan pra nikah juga dilakukan. Ada juga pengobatan masal, bazar dan pasar murah, pembuatan jamban dan imunisasi.

Tm-Ab